Cuaca ekstrem kerap terjadi di penjuru dunia tak luput di Indonesia. Di Indonesia sendiri kondisi seperti ini tak hanya mempengaruhi lingkungan tapi juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mahluk hidup.

DIDUKUNG OLEH:

Cuaca ekstrem yang merupakan wujud dari perubahan iklim yang tidak terduga tentunya sangat menghawatirkan sebagian masyarakat. Kondisi ini sangat mudah membuat orang-orang jatuh sakit.

Kondisi seperti ini merupakan hal yang wajar yang dapat mengganggu kondisi kesehatan kita secara fisik maupun mental. Seperti halnya perubahan suhu yang drastis membuat tubuh kesulitan beradaptasi dan efeknya membuat fisik tubuh kita melemah. Selain itu, hal ini pun berkaitan erat dengan bencana alam yang dapat mempengaruhi kondisi mental.

Nah, oleh karena itu mari kita bersama menyimak jurus tangkal sakit yang akurat dan ampuh saat cuaca ekstrem ini.

Penangkal sakit saat cuaca ekstrem

Gampang sakit biasanya dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh kita yang rentan. Kondisi kekebalan tubuh yang rendah sangatlah membuat tubuh mudah tertular penyakit. Apalagi saat cuaca ekstrem seperti ini pasti akan mudah terkena sakit. Inilah beberapa hal yang membuat kekebalan tubuh anda kuat.

1. Tubuh ternutrisi dengan baik

Sistem kekebalan tubuh akan menguat jika tubuh mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi terutama yang mengandung vitamin C dan D serta kaya akan antioksidan. Sumber vitamin C dan antioksidan biasanya terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Jadi lebih perbanyak makanan yang bernutrisi lengkap saat cuaca ekstrem melanda.

2. Istirahat yang cukup

Tak dipungkiri obat terbaik saat lelah adalah waktu tidur yang cukup. Tidur cukup berarti memberikan waktu istirahat bagi tubuh dan memberikan waktu pada tubuh untuk memperbaiki diri sendiri. Disarankan untuk tidak begadang supaya kondisi tubuh tetap fit di berbagai cuaca.

BACA JUGA  Tips Diet Sehat: Turunkan Berat Badan Secara Cepat dan Aman

3. Olahraga teratur

Dengan kegiatan olahraga dapat melatih otot-otot yang kaku dan tegang serta dapat melancarkan peredaran darah yang membuat kinerja tubuh lebih optimal. Biasakan untuk menyempatkan olahraga walau hanya 30 menit dengan kebiasaan ini kekebalan tubuh dapat meningkat.

Sehat sebenarnya adalah pilihan yang dibuat anda sendiri. Karena sehat bisa didapatkan tanpa harus berobat ke rumah sakit dan tanpa dipengaruhi oleh cuaca ekstrem jika sistem kekebalan tubuh anda sekuat baja.