Benarkah Akupuntur Bantu Kesembuhan Pasien Covid?

Benarkah akupuntur bantu kesembuhan pasien covid? Virus corona atau covid-19 telah menyerang Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Banyak pasien yang meninggal dan ada pula yang mengalami kesembuhan.

Lalu, bagaimana kabar pasien covid-19 yang pertama? Benarkah akupuntur dapat mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Akupuntur Bantu Kesembuhan Pasien Covid?

Setahun sudah berlalu ketika covid-19 menyerang Indonesia. Pasien pertama yang terjangkit virus ini diklaim telah sembuh. Apakah hal tersebut dikarenakan terapi akupuntur?

Orang pertama yang terdeteksi sebagai pasien covid-19 adalah Sita Tyasutami, diikuti dengan ibunya Maria Darmaningsih dan kakaknya Ratri Anindyajati.

Sita terjangkit virus setelah berinteraksi dengan orang Jepang yang berkunjung ke Indonesia. Sita dinyatakan positif sejak 2 Maret lalu, walaupun sebenarnya ia memang sedang sakit sejak tanggal 16 Februari.

Ia mengaku setelah keluar dari rumah sakit, kondisi badannya sudah berbeda. Menurutnya, hal ini terjadi karena efek samping dari virus covid-19. Staminanya menjadi kurang kuat tidak seperti biasanya.

Sita merasakan di awal 2021 ini ia merasa tubuhnya menjadi lemas dan sakit-sakitan hingga berminggu-minggu. Lalu, ia pun memeriksa kondisinya ke sebuah klinik akupuntur.

Negara Cina merupakan negara pertama yang mengalami serangan pandemi covid-19. Berdasarkan beberapa sumber, akupuntur merupakan senjata rahasia yang digunakan Cina sebagai terapi penyembuhan pasien covid.

Kekebalan tubuh dan menjaga stamina juga bisa didapatkan dengan melakukan terapi akupuntur. Hal ini bisa dijadikan bekal sebagai tameng agar tidak terkena virus yang menyebar tersebut.

Menurut ahli akupuntur yang memeriksa Sita, darah yang ada dalam tubuhnya dan ibunya tersebut mengalami pengentalan. Hal ini diklaim karena efek samping dari terkena covid.

Sita juga mengaku, walaupun penyakit yang kini ia derita bukan corona, ia percaya bahwa hal ini merupakan efek samping dari penyakit tersebut. Terjadi perubahan fisik dan stamina yang menurun dalam dirinya.

BACA JUGA  Titik Akupresur Untuk Mengurangi Nyeri Secara Efektif

Menurut dokter, hal ini bisa disembuhkan dengan melakukan pola hidup sehat. Kakak Sita yaitu Ratri beruntung memiliki gejala covid yang ringan, sehingga tubuhnya tidak mengalami masalah separah Sita.

TERBARU

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga dan perlu dipelajari. Berbagai ramuan yang berasal dari alam sekitar digunakan dalam praktek pengobatan tradisional....

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....