Benarkah Akupuntur Bantu Kesembuhan Pasien Covid?

Benarkah akupuntur bantu kesembuhan pasien covid? Virus corona atau covid-19 telah menyerang Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Banyak pasien yang meninggal dan ada pula yang mengalami kesembuhan.

Lalu, bagaimana kabar pasien covid-19 yang pertama? Benarkah akupuntur dapat mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Akupuntur Bantu Kesembuhan Pasien Covid?

Setahun sudah berlalu ketika covid-19 menyerang Indonesia. Pasien pertama yang terjangkit virus ini diklaim telah sembuh. Apakah hal tersebut dikarenakan terapi akupuntur?

Orang pertama yang terdeteksi sebagai pasien covid-19 adalah Sita Tyasutami, diikuti dengan ibunya Maria Darmaningsih dan kakaknya Ratri Anindyajati.

- Advertisement -

Sita terjangkit virus setelah berinteraksi dengan orang Jepang yang berkunjung ke Indonesia. Sita dinyatakan positif sejak 2 Maret lalu, walaupun sebenarnya ia memang sedang sakit sejak tanggal 16 Februari.

Ia mengaku setelah keluar dari rumah sakit, kondisi badannya sudah berbeda. Menurutnya, hal ini terjadi karena efek samping dari virus covid-19. Staminanya menjadi kurang kuat tidak seperti biasanya.

Sita merasakan di awal 2021 ini ia merasa tubuhnya menjadi lemas dan sakit-sakitan hingga berminggu-minggu. Lalu, ia pun memeriksa kondisinya ke sebuah klinik akupuntur.

Negara Cina merupakan negara pertama yang mengalami serangan pandemi covid-19. Berdasarkan beberapa sumber, akupuntur merupakan senjata rahasia yang digunakan Cina sebagai terapi penyembuhan pasien covid.

Kekebalan tubuh dan menjaga stamina juga bisa didapatkan dengan melakukan terapi akupuntur. Hal ini bisa dijadikan bekal sebagai tameng agar tidak terkena virus yang menyebar tersebut.

Menurut ahli akupuntur yang memeriksa Sita, darah yang ada dalam tubuhnya dan ibunya tersebut mengalami pengentalan. Hal ini diklaim karena efek samping dari terkena covid.

Sita juga mengaku, walaupun penyakit yang kini ia derita bukan corona, ia percaya bahwa hal ini merupakan efek samping dari penyakit tersebut. Terjadi perubahan fisik dan stamina yang menurun dalam dirinya.

BACA JUGA  Mengobati Biduran Dengan Cara Pengobatan Tradisional

Menurut dokter, hal ini bisa disembuhkan dengan melakukan pola hidup sehat. Kakak Sita yaitu Ratri beruntung memiliki gejala covid yang ringan, sehingga tubuhnya tidak mengalami masalah separah Sita.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...