Di bawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai macam titik akupuntur yang ada di tubuh yang biasa digunakan terapis untuk mengobati pasien lewat metode pengobatan akupuntur.

Berbagai Macam Titik Akupuntur

Titik akupuntur adalah titik tertentu yang ada di jalur meridian atau jalur energi tubuh. Berdasarkan TCM, jalur energi ini merupakan pusat keseimbangan dan jika arus energi terhambat, maka segala penyakit akan mudah menyerang.

Akupuntur sendiri merupakan sebuah metode pengobatan yang dilakukan dengan menusukkan jarum khusus ke area tertentu di tubuh, hal ini berguna untuk melancarkan chi yang tersumbat di dalam tubuh.

DIDUKUNG OLEH:

Di bawah ini terdapat beragam titik akupuntur yang biasa digunakan terapis untuk mengobati pasien, yaitu:

– Conception Vessel atau CV6

Titik ini terletak sekitar 1,5 inci di bawah pusar. Menstimulasi titik ini berguna untuk mengatasi rasa lelah, energi perut bagian bawah, qi limpa yang lemah dan organ.

– BL13

Titik ini terletak di saluran kandung kemih. Menstimulasi titik ini dapat membantu obati asma, bronkitis, sakit tenggorokan dan juga hidung tersumbat.

– Saluran ginjal atau KI3

Titik ini terletak di belakang pergelangan kaki dalam. Menstimulasi titik ini dapat membantu obati insomnia, nyeri punggung bawah, asma dan sakit tenggorokan.

– Saluran hati atau LV3

Titik ini terletak di atas kaki dan di antara jari kaki pertama dan kedua. Menstimulasi titik ini dapat mengobati tekanan darah tinggi, sakit kepala dan melancarkan menstruasi.

– BL21

Titik ini berada di saluran kandung kemih, berfungsi untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan limpa seperti sakit perut, kembung dan kurangnya nafsu makan.

– BL18

Menstimulasi titik ini berfungsi untuk membantu obati semua kondisi hati fisik, seperti penyakit kuning dan sirosis, hepatitis, dan titik penting untuk meredakan emosional.

BACA JUGA  Kenali Peran Akupuntur Untuk Program Bayi Tabung

– Saluran perut atau ST36

Terletak di bagian depan kaki dan bawah lutut, berfungsi untuk mengobati gangguan pencernaan, kelelahan, defisiensi imun dan penyakit lainnya.

Titik-titik akupuntur di atas biasa digunakan terapis untuk menyembuhkan masalah pada pasien. Terapi ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, dan harus dilakukan oleh ahli profesional di bidang akupuntur.