Berkhasiat untuk Kesehatan, Ini Rempah Kandungan dalam Minyak Karo

Popularitas minyak Karo melejit ketika atlet badminton Anthony Ginting menggunakannya untuk mengatasi kram otot. Banyak yang penasaran kandungan rempah dari minyak Karo yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit tersebut.

Anthony Ginting mengalami kram otot saat bertanding melawan Shi Yuqi, atlet asal China, pada final bulu tangkis kategori beregu putra di Asian Games 2018. Beberapa hari kemudian ia dikabarkan sembuh dari kram ototnya setelah memakai minyak karo yang diberikan sang ibu, Lucia Sriati.

10 Rempah Bahan Minyak Karo yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Salah satu obat-obatan yang menggunakan bahan dasar rempah-rempah adalah Minyak Karo. Tidak sembarang orang bisa membuat minyak karo. Minyak ini sudah menjadi racikan tradisional sejak ratusan tahun lalu di tanah Karo, Sumatera Utara.

Minyak Karo ini terbuat dari beberapa rempah-rempah yang dipercaya secara turun temurun memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Deliserdangmall, berikut ini adalah sepuluh rempah-rempah yang terkandung dalam minyak Karo.

1. Jahe

Rempah-rempah pertama yang terkandung dalam minyak karo adalah jahe. Jahe (Zingiber Officinale) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai bahan rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah.

Jahe juga disebut sebagai carminative, yaitu suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih sehingga tumbuhan ini sangat baik untuk melancarkan sitem pencernaan.

2. Serai
Rempah-rempah selanjutnya yang terkandung dalam minyak karo adalah serai. Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota rumput-rumputan yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mangharumkan makanan.

Namun, selain digunakan sebagai bumbu dapur ternyata serai juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat serai untuk kesehatan adalah mampu mencegah naiknya kolesterol. Daun dan akar serai memiliki sifat anti-hiperkolesterolemia yang mampu membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat.

3. Daun Sirih

Selanjutnya, rempah-rempah yang terkandung dalam minyak karo adalah daun sirih. Daun sirih merupakan tanaman asli indonesia yang tumbuh dan merambat atau bersandar pada pohon lain.

Tanaman ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat daun sirih ini adalah mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

BACA JUGA  Terapi Titik Akupuntur Ginjal

Kandungan Saponin, Tanin, Kalsium dan Mineral Fosfor dalam sirih mampu meredakan peradangan pada gusi berdarah.

4. Bawang Merah

Rempah- rempah selanjutnya yang terkandung dalam minyak karo adalah bawang merah.

Bawang Merah (Allium Cepa L. Kelompok Aggregatum) adalah salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan disebelah utaranya, namun kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis.

Selain sebagai bumbu masakan, bawang merah juga memiliki beberapa manfaat salah satunya mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Senyawa belerang dalam bawang bertindak sebagai pengencer darah alami dan mencegah agregasi trombosit.

5. Bawang Putih

Bawang putih (Allium Sativum) selain digunakan sebagai bumbu masakan ternyata bawang putih ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaat bawang putih ini adalah mampu menurunkan resiko kanker. Hal ini karena dalam bawang putih terdapat senyawa Sulfur Bioaktif.

Sulfur Bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karnosigen dan menghambat penyebaran sel yang ridak sehat.

6. Temulawak

Selanjuntnya, tumbuhan yang hampir mirip dengan kunyit tetapi beda yaitu temulawak. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae).

Temulawak memiliki segudang manfaat untuk kesehatan diantaranya yaitu dipercaya mampu membantu mengobati berbagai jenis penyakit diantaranya adalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, gangguan kantong empedu dan penyakit liver.

Selain itu, temulawak juga diklaim mampu meningkatkan nafsu makan yang biasanya sering digunakan pada obat-obatan penambah nafsu makan untuk anak-anak.

7. Jeruk Purut

Selanjutnya, tumbuhan yang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi seperti lemon yaitu jeruk Purut.

Jeruk purut merupakan tumbuhan empedu yang dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan.

Selain sebagai bumbu masakan, jeruk purut ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaat jeruk purut untuk kesehatan yaitu mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman detox sama seperti lemon.

BACA JUGA  Kelebihan Akupuntur Bisa Redakan Nyeri Pasca Operasi

8. Kencur

Kencur (Kaempferia Galanga L.) adalah salah satu jenis empo-emponan/ tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae).

Di Indonesia, tanaman ini merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu. Kencur yang telah diolah menjadi minuman jamu bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak nafas hingga pilek.

Selain dagingnya, bagian daun dan akar kencur juga memiliki manfaat kesehatan yaitu untuk mengatasi demam, bengkak, rematik dan lainnya yang bersifat anti radang.

9. Bunga Lawang

Selanjutnya, tumbuhan yang memiliki wangi yang khas yaitu bunga lawang. Bunga lawang atau kembang lawang adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan adas manis.

Tanaman dengan nama ilmiah Illicium verum ini berbentuk seperti bintang yang terdiri dari delapan ruas. Tiap ruasnya berisi biji kecil berwarna cokelat, sama seperti warna bunganya.

Bunga lawang ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan diantaranya yaitu berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan minyak esensial linaool dan vitamin C dalam bunga lawang ini merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menangkal tubuh dari radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.

10. Akar Wangi

Akar wangi sebenarnya merupakan salah satu jenis rumput bukan murni sebagai akarnya. Rumput akar wangi berasal dari negara india yang tumbuh sepanjang tahun.

Rumput akar wangi lebih banyak hidup di daerah yang iklimnya tropis cenderung kering.

Seperti namanya akar wangi memang memiliki aroma yang wangi dan sudah lama dijadikan sebagai bahan wangi-wangian oleh orang zaman dahulu hingga saat ini.

Selain sebagai pengharum alami, akar wangi ini juga mampu untuk mengatasi rematik, encok dan pegal linu.

Caranya cukup dengan menggosokkan akar wangi ke bagian yang terasa sakit. Kandungan alami yang ada dalam akar wangi akan masuk langsung ke dalam tulang dan meredakan rematik, encok atau pegal linu yang kamu rasakan.

Nah, itu dia 10 rempah-rempah yang terkandung dalam minyak karo. Kandungan rempah-rempah yang terkandung dalam minyak karo tersebut memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. [AB]

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...