Bisa Ditemukan di Dapur, Ini Obat Herbal Sembuhkan Diare

Ketika menderita diare, kita ingin mencoba bahan alami daripada obat kimia. Nah, beberapa bahan obat herbal untuk sembuhkan diare ini bahkan bisa ditemukan di dapur.

Diare umumnya terjadi akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair.

7 Obat Herbal Alami untuk Sembuhkan Diare

Berikut ini adalah 7 jenis obat diare alami yang bisa kamu gunakan untuk lekas sembuh dari diare.

1. Oralit
Cara mengobati diare secara alami yang tidak boleh ketinggalan adalah mengonsumsi oralit. Kamu hanya tinggal mencampurkan ½ sendok teh garam dan 8 sendok teh gula pasir dalam segelas seduhan air hangat.

Ini bisa menjadi minuman elektrolit yang mengganti cairan tubuh yang hilang akibat buang-buang air besar. Minumlah segelas oralit setiap 4—6 jam sekali apabila diare yang kamu alami masing berlangsung.

2. Lada Putih
Kamu mungkin heran bagaimana lada putih bisa menjadi obat diare tradisional. Padahal seharusnya pada saat buang-buang air besar, kamu menghindari makanan dengan sensasi pedas.

Kemampuan lada putih mengatasi diare karena bumbu dapur yang satu ini mengandung piperin yang ampuh mengurangi peradangan dan meredakan sakit pada tubuh. Kemampuan lada putih untuk mengatasi masalah perut tidak hanya untuk diare, melainkan juga untuk kolera

3. Air Jahe
Jahe memiliki sifat anti radang dan antibakteri. Sifat-sifat inilah yang membuat jahe layak kamu pertimbangkan untuk menjadi obat diare alami.

Bahkan menurut sebuah penelitian, jahe mampu memblokir racun dari bakteri penyebab diare dalam perutmu. Rempah-rempah yang satu ini juga bisa memperlambat pertumbuhan bakteri E.coli yang menjadi pemicu diare.

BACA JUGA  Begini Cara Membuat Rambut Tebal Secara Alami dan Cepat

4. Air Kelapa
Pada saat mengalami diare, banyak cairan tubuh yang hilang sehingga kamu merasa sangat lemas. Air kelapa sendiri mengandung banyak zat elektrolit yang mampu menggantikan cairan yang hilang dari tubuh akibat penyakit buang-buang air besar.

Air kelapa sudah lama digunakan sebagai obat diare tradisional yang aman bahkan untuk dikonsumsi anak kecil. Cara penggunaannya pun sangat simpel karena kamu hanya perlu langsung meneguk air kelapa murni tanpa campuran apapun.

5. Pisang
Mengonsumsi pisang akan membuat tekstur feses menjadi lebih padat dan tidak berair. Kamu pun bisa bebas diare secepatnya. Kemampuan pisang sebagai obat diare alami karena buah tropis ini mengandung banyak pektin dan serat yang menyerap cairan dalam usus.

6. Kunyit
Rempah yang satu ini sudah terkenal dengan banyak manfaatnya, tidak terkecuali sebagai obat herbal diare. Ini karena kunyit memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab buang-buang air besar yang kamu alami.

Cukup rebus kunyit dengan air panas dan konsumsi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

7. Wortel
Tidak hanya bagus untuk mata, wortel ternyata juga ampuh menjadi obat diare alami.

Jenis sayuran berjenis umbi ini memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi sehingga membantu menyerap cairan dalam tubuh yang berlebih. Feses pun menjadi lebih padat dan keluhan diare lekas menghilang.

Demikian tadi beberapa obat herbal alami untuk menyembuhkan diare. Semua obat herbal tersebut bisa dengan mudah ditemukan di dapur. Semoga sehat selalu! [AB]

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...