Bisakah Akupuntur Mengatasi Berat Badan Meningkat?

Bisakah Akupuntur Mengatasi Berat Badan Meningkat? – Akupuntur adalah praktik Tiongkok kuno yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam gejala dan penyakit. Penelitian ekstensif yang dilakukan di seluruh dunia telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat secara signifikan memperbaiki gejala stres.

 

Menurut review 2018Trusted Source, penelitian menunjukkan bahwa akupuntur bisa efektif dalam mengobati orang dengan obesitas, kemungkinan karena regulasi neuroendokrin.

“Saat tubuh sedang stres, tubuh melepaskan hormon stres yang menyebabkan penambahan berat badan, respons evolusioner untuk bertahan hidup,” kata Vander Baan. “Secara tradisional, respons stres adalah sinyal bagi tubuh untuk bersiap menghadapi pertarungan atau lari dan merangsang aktivasi mode bertahan hidup.”

Saat ini, respons stres yang terlalu aktif menyebabkan tubuh secara kronis menyimpan kelebihan berat badan. Dengan menurunkan sistem saraf simpatis, akupuntur dapat membantu mencegah dan membalikkan efek respons stres pada penyimpanan lemak.

Akupuntur juga dapat meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

“Dalam pengobatan Tiongkok, sistem hati bertanggung jawab untuk memproses stres, dan ketika  kewalahan, ia cenderung bereaksi berlebihan pada sistem limpa,” kata Vander Baan. “Perawatan termasuk menghilangkan stres yang membebani hati sambil mendukung sistem pencernaan yang telah dibebani oleh hati.”

Untuk menargetkan kenaikan berat badan yang terkait dengan stres, Sher menggunakan kombinasi titik-titik yang berfokus pada stres serta titik-titik yang mempercepat pencernaan. Ini termasuk:

  • poin “Empat Pintu”
  • Ren-12
  • Perut-25
  • Ren-6

Poin-poin ini “digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dengan memperkuat sistem pencernaan dan mengatur fungsi limpa, lambung, dan usus,” kata Sher, sumber healthline.com.

Direkomendasikan perawatan dua kali seminggu untuk menyeimbangkan tubuh dan memastikan bahwa sistem pencernaan berfungsi pada tingkat yang optimal. “Untuk mencapai kesehatan terbaik Anda secara preventif dengan akupuntur, ditekankan pentingnya menciptakan kebiasaan dan rutinitas penyembuhan dan direkomendasikan minimal satu sesi akupresur per bulan untuk idealnya satu sesi akupuntur per minggu.

BACA JUGA  Jutaan Orang Tak Menyadari Kasiat Bawang Putih Baik Bagi Kesehatan Jantung

Stres memang berpengaruh terhadap berat badan seseorang. Akupuntur dapat membantu untuk mengatasi stres sehingga berat badan Anda terjaga. Ini penting agar kesehatan Anda terjaga.

TERBARU

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan jamu dan tanaman obat. Sayangnya, pemahaman masyarakat tentang jamu masih terbatas pada Pulau Jawa. Setiap...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga dan perlu dipelajari. Berbagai ramuan yang berasal dari alam sekitar digunakan dalam praktek pengobatan tradisional....

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...