Bisakah Akupuntur Mengatasi Berat Badan Meningkat?

Bisakah Akupuntur Mengatasi Berat Badan Meningkat? – Akupuntur adalah praktik Tiongkok kuno yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam gejala dan penyakit. Penelitian ekstensif yang dilakukan di seluruh dunia telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat secara signifikan memperbaiki gejala stres.

 

Menurut review 2018Trusted Source, penelitian menunjukkan bahwa akupuntur bisa efektif dalam mengobati orang dengan obesitas, kemungkinan karena regulasi neuroendokrin.

“Saat tubuh sedang stres, tubuh melepaskan hormon stres yang menyebabkan penambahan berat badan, respons evolusioner untuk bertahan hidup,” kata Vander Baan. “Secara tradisional, respons stres adalah sinyal bagi tubuh untuk bersiap menghadapi pertarungan atau lari dan merangsang aktivasi mode bertahan hidup.”

- Advertisement -

Saat ini, respons stres yang terlalu aktif menyebabkan tubuh secara kronis menyimpan kelebihan berat badan. Dengan menurunkan sistem saraf simpatis, akupuntur dapat membantu mencegah dan membalikkan efek respons stres pada penyimpanan lemak.

Akupuntur juga dapat meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

“Dalam pengobatan Tiongkok, sistem hati bertanggung jawab untuk memproses stres, dan ketika  kewalahan, ia cenderung bereaksi berlebihan pada sistem limpa,” kata Vander Baan. “Perawatan termasuk menghilangkan stres yang membebani hati sambil mendukung sistem pencernaan yang telah dibebani oleh hati.”

Untuk menargetkan kenaikan berat badan yang terkait dengan stres, Sher menggunakan kombinasi titik-titik yang berfokus pada stres serta titik-titik yang mempercepat pencernaan. Ini termasuk:

  • poin “Empat Pintu”
  • Ren-12
  • Perut-25
  • Ren-6

Poin-poin ini “digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dengan memperkuat sistem pencernaan dan mengatur fungsi limpa, lambung, dan usus,” kata Sher, sumber healthline.com.

Direkomendasikan perawatan dua kali seminggu untuk menyeimbangkan tubuh dan memastikan bahwa sistem pencernaan berfungsi pada tingkat yang optimal. “Untuk mencapai kesehatan terbaik Anda secara preventif dengan akupuntur, ditekankan pentingnya menciptakan kebiasaan dan rutinitas penyembuhan dan direkomendasikan minimal satu sesi akupresur per bulan untuk idealnya satu sesi akupuntur per minggu.

BACA JUGA  Bersihkan Tubuh Anda dengan Terapi Akupuntur

Stres memang berpengaruh terhadap berat badan seseorang. Akupuntur dapat membantu untuk mengatasi stres sehingga berat badan Anda terjaga. Ini penting agar kesehatan Anda terjaga.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...