Bisakah Akupuntur Meningkatkan Kesuburan Saya ? – Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu pasangan yang menjalani fertilisasi in-vitro (IVF). Tetapi masih belum diputuskan apakah akupuntur dapat meningkatkan kesuburan secara umum.

Meskipun penelitian yang lebih kecil menunjukkan hasil yang menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak penelitian. Untuk memastikan bahwa terapi kuno ini dapat membantu Anda hamil.

Akupuntur didasarkan pada teori bahwa energi vital atau “qi” mengalir melalui tubuh melalui jalur tertentu. Ahli akupuntur mencoba menyeimbangkan energi ini dan memulihkan kesehatan dengan merangsang titik-titik tertentu di sepanjang jalur dengan jarum tipis. Meskipun telah menjadi pokok pengobatan Tiongkok selama sekitar 5.000 tahun, akupuntur telah diterima di komunitas medis Amerika hanya dalam beberapa dekade terakhir.

DIDUKUNG OLEH:

Bisakah Akupuntur Meningkatkan Kesuburan Saya?

Pada tahun 2002, tim peneliti Jerman menemukan bahwa akupuntur secara signifikan meningkatkan kemungkinan kehamilan di antara 160 wanita yang menjalani perawatan IVF. Empat puluh dua persen wanita yang menerima akupuntur hamil, dibandingkan dengan 26 persen dari mereka yang tidak menerima perawatan.

Para peneliti berspekulasi bahwa akupuntur membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan mengendurkan jaringan otot, memberi embrio kesempatan yang lebih baik untuk ditanam.

Penelitian lain menunjukkan bahwa akupuntur efektif dalam mengurangi stres. Karena stres terbukti mengganggu kehamilan, masuk akal jika mengurangi stres melalui akupuntur secara teoritis dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Beberapa wanita menemukan akupuntur membantu untuk mengatasi stres yang mereka rasakan saat mencoba untuk hamil.

Akupuntur juga dapat membantu kemandulan pria. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perawatan rutin secara signifikan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma (kekuatan yang digunakan sperma untuk berenang).

Namun, agar benar-benar efektif, perawatan akupuntur perlu meningkatkan jumlah sperma pria melebihi ambang batas yang diperlukan untuk pembuahan – minimal 10 hingga 12 juta sperma bergerak per ejakulasi. Dan pria dalam penelitian ini tidak mencapai level tersebut, sumber babycenter.com.

BACA JUGA  Akupuntur Dapat Membantu Orang yang Membungkuk

Sebelum menjalani terapi akupuntur, akan lebih baik lagi jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi yang sudah ahli. Hal ini bertujuan agar perawatan bisa lebih maksimal sesuai kebutuhan.