Bisakah Akupuntur Meningkatkan Kesuburan Saya?

Bisakah Akupuntur Meningkatkan Kesuburan Saya ? – Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu pasangan yang menjalani fertilisasi in-vitro (IVF). Tetapi masih belum diputuskan apakah akupuntur dapat meningkatkan kesuburan secara umum.

Meskipun penelitian yang lebih kecil menunjukkan hasil yang menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak penelitian. Untuk memastikan bahwa terapi kuno ini dapat membantu Anda hamil.

Akupuntur didasarkan pada teori bahwa energi vital atau “qi” mengalir melalui tubuh melalui jalur tertentu. Ahli akupuntur mencoba menyeimbangkan energi ini dan memulihkan kesehatan dengan merangsang titik-titik tertentu di sepanjang jalur dengan jarum tipis. Meskipun telah menjadi pokok pengobatan Tiongkok selama sekitar 5.000 tahun, akupuntur telah diterima di komunitas medis Amerika hanya dalam beberapa dekade terakhir.

Bisakah Akupuntur Meningkatkan Kesuburan Saya?

Pada tahun 2002, tim peneliti Jerman menemukan bahwa akupuntur secara signifikan meningkatkan kemungkinan kehamilan di antara 160 wanita yang menjalani perawatan IVF. Empat puluh dua persen wanita yang menerima akupuntur hamil, dibandingkan dengan 26 persen dari mereka yang tidak menerima perawatan.

- Advertisement -

Para peneliti berspekulasi bahwa akupuntur membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan mengendurkan jaringan otot, memberi embrio kesempatan yang lebih baik untuk ditanam.

Penelitian lain menunjukkan bahwa akupuntur efektif dalam mengurangi stres. Karena stres terbukti mengganggu kehamilan, masuk akal jika mengurangi stres melalui akupuntur secara teoritis dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Beberapa wanita menemukan akupuntur membantu untuk mengatasi stres yang mereka rasakan saat mencoba untuk hamil.

Akupuntur juga dapat membantu kemandulan pria. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perawatan rutin secara signifikan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma (kekuatan yang digunakan sperma untuk berenang).

Namun, agar benar-benar efektif, perawatan akupuntur perlu meningkatkan jumlah sperma pria melebihi ambang batas yang diperlukan untuk pembuahan – minimal 10 hingga 12 juta sperma bergerak per ejakulasi. Dan pria dalam penelitian ini tidak mencapai level tersebut, sumber babycenter.com.

BACA JUGA  Bahan-Bahan Alami Untuk Membuat Masker Wajah

Sebelum menjalani terapi akupuntur, akan lebih baik lagi jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi yang sudah ahli. Hal ini bertujuan agar perawatan bisa lebih maksimal sesuai kebutuhan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...