Cara Alami Mengobati Sariawan yang Meradang

Tahukah Anda ada cara alami mengobati sariawan yang bisa dicoba tanpa harus menggunakan obat? Cara ini ternyata cukup sederhana untuk dipraktikkan dan tentunya tidak akan menimbulkan efek samping.

Intip Cara Alami Mengobati Sariawan

Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan yang menyerang bagian mulut. Biasanya masalah ini menyerang di beberapa bagian mulut seperti di lidah hingga gusi, dan rasa yang ditimbulkan sangat tak nyaman.

Munculnya sariawan di mulut biasanya disebabkan karena adanya gangguan di sistem pencernaan tubuh. Menurut ahli akupresur, jika sariawan muncul di pipi bagian dalam dan bibir, itu berarti ada gangguan di limpa dan lambung.

Hal ini berbeda dengan sariawan yang terjadi di bagian lidah dan gusi. Jika sariawan muncul di bagian ini, itu berarti ada gangguan di usus kecil dan jantung. Oleh karena itu, TCM mengobati sesuai dengan titik yang saling berhubungan.

Penyebab sariawan sendiri beraneka ragam, ada yang muncul karena tak sengaja tergigit gigi sendiri, ada juga karena faktor makanan. Meskipun begitu, umumnya sariawan sembuh selama tujuh sampai 10 hari.

Cara mengobati masalah ini ada berbagai macam, jelas saja tanpa menggunakan obat, Cara yang pertama adalah melakukan terapi akupuntur atau akupresur. Kedua terapi ini bisa membantu mengobati peradangan.

Tak hanya itu, akupresur dan akupuntur membantu merangsang bagian titik yang terhubung dengan penyebab munculnya sariawan, dan menyembuhkannya sampai ke akar-akar. Inilah kelebihan TCM.

Selain akupuntur dan akupresur yang merangsang sampai ke akar, ada juga cara lain yang cukup sederhana dan bisa dicoba untuk dilakukan. Contohnya yaitu dengan berkumur-kumur memakai air garam.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut dan tak perlu dikunyah agar sariawan cepat sembuh, karena pergesekan area yang sakit dengan makanan akan lebih kecil.

BACA JUGA  Tips Memakai Behel Agar Gigi Tetap Sehat

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air di tubuh. Karena air adalah bagian penting yang membantu menyehatkan tubuh. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan mulut agar sariawan tak kembali muncul.

Itulah cara mengobati sariawan tanpa harus menggunakan obat, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah atau jika melakukan akupuntur dan akupresur bisa dilakukan dengan ahlinya agar hasil lebih maksimal.

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...