Rematik merupakan suatu kondisi adanya gangguan inflamasi kronis yang memengaruhi sendi. Cara alami obati nyeri sendi rematik ini bisa dijadikan alternatif pilihan selain menggunakan obat dokter.

Cara Alami Obati Nyeri Sendi Rematik Selain Obat Dokter

Rematik merupakan suatu kondisi yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Kondisi ini bisa memengaruhi setiap sendi yang ada di tubuh, termasuk di bagian tangan dan kaki.

Saat seseorang terkena rematik, sistem kekebalan tubuhnya menyerang jaringannya sendiri dan juga sendi. Namun, jika kondisi ini dalam tingkat yang parah, bisa sampai memengaruhi organ internal.

DIDUKUNG OLEH:

Selain mempengaruhi sendi, rematik juga bisa menyebabkan pembengkakan pada area tertentu dalam waktu lama. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan deformitas sendi dan erosi pada tulang.

Berikut ini cara alami mengobati nyeri sendi rematik yang bisa dilakukan, yaitu:

– Akupuntur

Terapi asal Cina ini bisa dijadikan sebagai pengobatan pilihan untuk nyeri sendi rematik. Dengan menggunakan jarum tipis dan halus untuk menstimulasi titik tertentu di tubuh.

– Akupresur

Selain menggunakan akupuntur, pijat akupresur juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri rematik. Lakukan terapi ini dengan menggunakan jasa terapi yang ahli.

– Kompres

Selain melakukan terapi, mengkompres area yang terkena rematik juga direkomendasikan oleh banyak dokter. Anda bisa juga menggunakan kompres air dingin maupun hangat.

– Yoga

Yoga bisa dijadikan cara pilihan yang tepat untuk obati rematik. Menurut sebuah penelitian, yoga dapat menurunkan bahan kimia penyebab stres dan peradangan. Oleh karena itu, melakukan yoga juga bisa dijadikan cara untuk mengobati rematik sekaligus menenangkan pikiran.

– Memanfaatkan terapi magnet

Terapi ini tersedia dalam berbagai bentuk, bisa berbentuk gelang, sisipan, kalung, bantalan maupun cakram. Walaupun begitu, keefektifan terapi magnet ini belum memiliki hasil yang optimal untuk meredakan nyeri sendi rematik.

BACA JUGA  Cara China Mengatasi Covid-19 Dengan Akupuntur

Cara alami obati nyeri sendi rematik di atas bisa Anda lakukan dengan menggunakan bantuan ahlinya. Selain itu, rajin berolahraga dan menghirup aromaterapi juga bisa meredakan stres dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.