Heartburn kadang terjadi pada masa kehamilan dan hal ini tentu saja mengganggu, lalu bagaimana cara atasi heartburn saat hamil? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Atasi Heartburn Di Masa Kehamilan

Heartburn merupakan suatu kondisi yang memunculkan sensasi panas seperti terbakar di bagian dada bawah dan perut bagian atas. Hal ini disebabkan karena naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Namun, kondisi ini sama sekali tidak berhubungan dengan jantung, dan kondisi ini biasanya terjadi juga pada ibu hamil. Perlu diketahui, saat hamil hormon progesteron meningkat dan mempengaruhi otot yang menyebabkan makanan di lambung dan di usus menetap lebih lama.

Biasanya heartburn pada ibu hamil terjadi saat periode trimester kedua dan berlanjut sampai sepanjang sisa kehamilan. Berikut ini gejala umum heartburn yang biasa terjadi pada ibu hamil, yaitu:

– Batuk kronis
– Suara serak
– Mengi atau gejala seperti asma
– Perasaan terbakar di dada saat setelah makan
– Nyeri dada setelah membungkuk, makan atau berbaring
– Rasa terbakar di tenggorokan

Kondisi ini tentu saja membuat para ibu hamil tidak nyaman, terlebih lagi takut membahayakan janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, berbagai macam cara bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Di bawah ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah heartburn saat hamil, yaitu:

1. Akupuntur

Heartburn bisa di atasi dengan mencoba melakukan terapi akupuntur. Menurut studi tahun 2015, wanita hamil yang mengalami heartburn dan mendapatkan terapi akupuntur, mengalami perubahan, yaitu peningkatan kemampuan mereka untuk tidur dan makan.

Tidak hanya itu, akupuntur juga membantu ibu hamil meredakan rasa mual yang kerap muncul dan menghilangkan stres serta memunculkan efek rileks.

2. Hindari makanan pemicu heartburn

Makanan asam, pedas dan berminyak harus dihindari saat hamil. Karena, mengkonsumsi jenis makanan tersebut akan menyebabkan refluks.

3. Jangan tidur setelah makan

Setelah makan, usahakan untuk tidak langsung berbaring karena akan memicu asam lambung naik. Biasakan duduk sejenak terlebih dahulu atau melakukan aktivitas kecil sebelum beranjak tidur.

Cara atasi heartburn di atas bisa Anda coba jika di masa kehamilan mengalami heartburn. Namun, jika belum mereda, Anda bisa memeriksakannya ke dokter untuk memilih langkah yang tepat.