Bagi ibu yang baru saja melahirkan, perlu mengetahui bagaimana untuk mengatasi punggung nyeri. Setelah melahirkan, berat badan seorang ibu akan mengalami pertambahan yang cukup signifikan. Punggung sebagai penopang akan melakukan kerja yang lebih untuk menahan berat badan ini. Saat itu, kondisi hormon yang kerap berubah-ubah akan membuat bagian sendi dan ligamen akan melemah. Salah satu akibat dari hal ini ialah rasa sakit pada bagian punggung.

DIDUKUNG OLEH:

Saat persalinan, otot pada tubuh ibu hamil akan banyak bekerja, juga pada otot yang sebelumnya jarang dipakai. Jika Anda merasakan otot yang terasa nyeri, ataupun kelelahan yang cukup berarti, ini akan berdampak buruk terhadap diri anda. Jangan biarkan punggung terasa sakit, lakukan beberapa hal ini untuk melakukan penyembuhan.

Cara Mengatasi Punggung Nyeri Usai Melahirkan

Atur Posisi Duduk Anda

Setelah proses persalinan, Anda disarankan untuk tidak melakukan banyak aktivitas yang membuat stamina banyak terkuras. Anda bisa menikmati hari-hari dengan duduk bersantai bersama sang buah hati. Akan tetapi, Anda mengatur posisi duduk agar punggung tidak membungkuk. Tambahkan bantal kecil pada bagian kursi untuk menopang bagian punggung. Kesalahan posisi duduk akan membuat punggung akan terus merasakan nyeri usai melahirkan. Postur tubuh Anda juga tidak akan tumbuh dengan baik.

Olahraga Ringan

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari berolahraga ringan. Salah satunya membuat otot punggung mengencang kembali. Olahraga ini tidak membutuhkan tenaga atau fisik yang berlebihan. Sehingga cocok untuk ibu yang baru saja melahirkan. Anda tidak perlu pergi ke gym, lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai, meditasi dan sebagainya. Luangkan waktu 5-10 menit untuk melakukan olahraga ringan untuk mengatasi punggung nyeri.

BACA JUGA  Pentingnya Mengkonsumsi Susu bagi Wanita Hamil

Metode Alami

Cara ini bisa dibilang efektif untuk membuat punggung tidak merasakan nyeri lagi. Anda bisa merendam tubuh dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini pada saat mandi. Otot yang tadinya tidak normal, akan kembali mengencang seperti pada mulanya. Ini menjadi salah satu cara atasi punggung nyeri usai persalinan. Selain itu Anda juga bisa melakukan kompres hangat pada bagian yang terasa sakit. Lakukan pemijatan juga agar otot lebih cepat untuk mengencang. Cara ini butuh ketekunan karena tidak akan langsung normal.