Cara kerja akupuntur adalah dengan cara menstimulasi titik tertentu di tubuh yang berhubungan dengan masalah penyakit pasien. Menstimulasi titik tersebut tentu saja dengan menggunakan alat khusus atau hanya menggunakan jari.

Intip Cara Kerja Akupuntur

Terapi akupuntur adalah sebuah metode pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. Cara kerja dari terapi ini adalah dengan menstimulasi titik tertentu di tubuh dengan bantuan kekuatan jari atau jarum khusus.

Dalam dunia TCM, tubuh manusia dipercaya dipenuhi dengan kekuatan pemberi kehidupan yang tak terlihat atau disebut dengan chi atau qi. Jika chi tersebut mengalir dengan baik sesuai fungsinya, maka kesehatan tubuh akan terjaga.

DIDUKUNG OLEH:

Jika chi tersebut tersumbat atau terhalang oleh sesuatu, tubuh akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, menstimulasi area tertentu dalam tubuh bertujuan untuk melancarkan aliran chi.

Terapi akupuntur juga menggunakan alat unik yang menjadi ciri khas dari terapi ini, yaitu jarum tipis yang bisa menembus kulit tanpa menimbulkan luka dan terasa sakit.

Jarum-jarum ini akan diletakkan di titik tertentu yang diklaim sebagai pusat dari masalah kesehatan yang sedang diidap oleh pasien. Jumlah jarum yang ditusukkan beragam, dan terapi ini hanya boleh dilakukan oleh ahlinya.

Menurut beberapa penelitian, akupuntur menawarkan manfaat yang sama untuk pasien seperti sebuah plasebo. Namun, penelitian lain mengklaim ada beberapa manfaat nyata yang dihasilkan dari terapi ini.

Selain itu, terapi akupuntur juga berdasarkan pada konsep Yin dan Yang. Konsep ini menjelaskan bahwa keseimbangan dalam tubuh bisa membuat tubuh menjadi sehat, jika keseimbangan terganggu, maka penyakit akan gampang menyerang tubuh.

Di bawah ini titik-titik akupuntur yang biasa digunakan, yaitu:

– ST36 atau saluran perut
– SP6 atau saluran limpa
– GV20 atau Governing Vessel
– LI4 atau saluran usus besar
– KI3 atau saluran ginjal
– CV6 atau Conception Vessel
– LV3 atau saluran hati

BACA JUGA  Apa itu Virus Corona, Sejarah dan Bahayanya

Masih banyak titik akupuntur yang bisa distimulasi untuk mengobati masalah penyakit yang sedang menyerang pasien. Terapi ini harus dilakukan oleh ahli di bidang akupuntur agar tidak terjadi kesalahan dan terhindar dari efek yang tidak diinginkan.