Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Untuk bisa tampil secara maksimal yang perlu diperhatikan adalah keseluruhan penampilan mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala, tak heran jika sekarang perawatan gigi sama pentingnya dengan perawatan wajah dan badan.

Bisa dibayangkan jika tubuh sudah proposional, memakai fashion yang sesuai trend tapi saat tersenyum gigi masih terlihat kuning pasti orang disekitar kita tidak jadi terpukau dengan penampilan yang sudah paripurna ini. Untuk mengatasi permasalahan gigi ini. Ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa dijadikan sebagai solusi.

Namun, sebelum membahas cara memutihkan gigi ada baiknya sobat sehat mengetahui hal-hal yang bisa membuat gigi kuning. Nah, apa saja sih penyebabnya?

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Gigi memiliki beberapa lapisan yang disebut enamel untuk bagian terluar gigi yang warna alaminya berwarna putih dan lapisan yang di dalam enamel disebut dentin. Ada dua faktor mengapa lapisan enamel bisa berubah menjadi kuning yaitu faktor luar dan faktor dari dalam.

  • Faktor dari luar

Faktor yang dipicu dari adanya noda yang berasal dari luar, seperti saat sobat sehat mengonsumsi teh, kopi, rokok, dan alkohol yang memiliki kandungan zat tertentu yang dapat memengaruhi kondisi warna enamel gigi. Selain itu, proses menyikat gigi yang kurang bersih akan meninggalkan noda dan membuat gigi kita kuning.

  • Faktor dari dalam

Faktor dari dalam merupakan faktor yang berasal dari dalam gigi itu sendiri. Faktor ini dipengaruhi oleh usia. Semakin bertambahnya usia maka semakin memudar pula enamel pada gigi.

Cara Memutihkan Gigi dengan Alami

Ada beberapa cara untuk memutihkan gigi dengan alami. Cara-cara ini menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi, di antaranya:

BACA JUGA  Obat Herbal untuk Mengobati Batuk Secara Alami

1. Menggunakan Baking Soda

Sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini yaitu baking soda, bahan yang sering dijumpai sebagai pengembang makanan nyatanya sangat ampuh membersihkan noda pada gigi serta dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut. Ampuhnya baking soda ini ditemukan dari sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Dentisry.

Sementara itu, untuk mengaplikasikannya sendiri cukup mudah. Hanya dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air. Dengan komposisi tersebut sobat sehat bisa menggunakannya sebagai obat kumur maupun pasta gigi.

2. Menggunakan Kulit Jeruk

Cara memutihkan gigi lainnya yaitu dengan memanfaatkan kulit jeruk yang tidak bisa dimakan bisa diambil manfaatnya untuk memutihkan gigi. Kandungan vitamin C dari kulit jeruk ini bisa dijadikan pasta gigi dengan cara dikeringkan dahulu lalu dihaluskan.

Cara pakainya tinggal campur dengan air kemudian ratakan keseluruh gigi lalu diamkan selama tiga menit kemudian bilas deh dengan air hangat.

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...