Mengalami sakit setelah kehujanan menjadi hal yang lumrah di musim penghujan seperti saat ini. Air hujan memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka tidak heran banyak orang tua yang meminta anak-anaknya untuk tidak bermain air hujan. Perlu diketahui, air hujan yang turun baik deras maupun kecil mengandung kuman dan juga bakteri berbahaya. Bakteri inilah yang akan membuat seseorang rawan terkena penyakit. Lantas, bagaimana agar tidak sakit setelah kehujanan ? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk hal ini.

DIDUKUNG OLEH:

Tips Mencegah Sakit Setelah Kehujanan

Mengenakan Pakaian Hangat

Pakaian hangat ini berguna untuk mencegah tubuh yang terus merasakan kedinginan. Dengan menggunakan pakaian hangat, juga akan membuat tubuh merasa lebih nyaman. Jangan lupa untuk membasuh tubuh terlebih dahulu sebelum menggenakan pakaian. Jika di dalam rumah tidak memiliki pakaian hangat khusus, gunakan pakaian lain atau bisa juga menggunakna handuk yang tebal. Hindari melakukan aktivitas berat, lebih baik duduk sembari menunggu suhu tubuh normal kembali.

Konsumsi Makanan Atau Minuman Hangat

Salah satu cara menormalkan suhu tubuh adalah dengan memakan makanan hangat ataupun meminum minuman hangat. Cara ini bisa dianggap paling mudah dan bisa dilakukan pada saat diluar rumah. Jadi ketika kehujanan dan berhenti dijalanan, lebih baik berhenti di warung kopi. Beli segelas kopi dan beberapa makanan hangat untuk mencegah kedinginan.

Langsung Mandi Dengan Air Hangat

Setelah sampai rumah, segera untuk mandi menggunakan air hangat. Kuman atau bakteri dari air hujan akan hilang setelah membasuh tubuh dengan air. Dengan mandi dengan air hangat, suhu tubuh juga akan meningkat. Pastikan seluruh tubuh dibasuh dengan air hingga benar-benar bersih.

Langsung Lepas Pakaian Yang Basah

Saat kehujanan, otomatis semua pakaian yang dikenakan akan basah. Segera untuk melepas pakaian basah ini dari tubuh untuk menghindari kuman. Jika dibiarkan, sistem imun pada tubuh akan melemah dan membuat daya tahan tubuh berkurang. Bagi Anda yang tidak ingin kehujanan, coba untuk mempersiapkan perlengkapan menghadapi hujan seperti jas hujan ataupun payung.