Mengatasi demam pada balita harus segera dilakukan oleh orangtua. Gejala ini tidak bisa dianggap remeh karena bisa berakibat buruk jika dibiarkan. Suhu tubuh yang meningkat inilah yang menjadi pertanda balita sedang terkena demam. Ini bisa dikarenakan tubuh balita sedang serangan infeksi dari luar baik dari bakteri ataupun virus. Sebelum melakukan penanganan demam pada balita, orangtua harus mengetahui tanda-tanda awal dari demam. Tanda-tanda awal demam diantaranya balita susah untuk makan maupun minum, terlihat lemas setiap hari, suhu ubuh meningkat drastis hingga terlihat balita sesak nafas.

Tips Mengatasi Demam Pada Balita

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengobati balita yang terkena demam.

Kasih Air Putih Lebih Banyak

DIDUKUNG OLEH:

Seorang balita yang sedang demam, akan mudah untuk dehidrasi. Maka dari itu, agar tidak memperparah keadaan, berikan minum air putih yang lebih banyak. Orangtua balita harus mengetahui bahwa ketika balita demam, suhu tubuh yang meningkat akan membuat keringat lebih cepat keluar. Ini yang menjadi alasan mengapa balita yang sedang demam rentan dehidrasi. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan membantu proses pemulihan demam balita.

Kompres Dengan Air Hangat

Salah besar jika orangtua justru mengkompres balita dengan air dingin. Bukannya sembuh, malah memperparah demam ini. Gunakan air hangat untuk mengkompres balita, dan dilakukan sesering mungkin hingga suhu tubuh menurun. Proses ini memang memerlukan beberapa waktu, namun jika dilakukan dengan baik, akan sangat membantu.

Kenakan Pakaian Yang Tidak Terlalu Tipis/Tebal

Penggunaan pakaian yang tidak terlalu tipis dan tebal akan membuat balita merasa nyaman. Dengan pakaian tersebut, balita tidak akan kepanasan ataupun kedinginan. Jangan lupa untuk mengatur suhu ruangan tempat balita istirahat. Jika pakaian terlalu tipis, tidak baik untuk tubuh balita. Namun jika terlalu tebal justru memperlama proses penyembuhan demam.

BACA JUGA  5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Beri Obat Penurun Panas

Obat yang diberikan kepada balita sebaiknya sudah dikonsultasikan dahulu ke dokter. Ini untuk memastikan bahwa obat yang diberikan memang sesuai. Selain itu, juga untuk memaksimalkan khasiat dari obat yang dikonsumsi balita.