Bagaimana cara mengatasi dengkuran atau kebiasaan mengorok saat tidur? Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan juga tidak baik bagi kesehatan.

Cara Mengatasi Dengkuran Dengan Terapi

Mengorok adalah suara dengkuran yang cukup berisik dan bisa mengganggu orang lain yang ada di dekat orang tersebut.

Suara dengkuran ini terjadi ketika saluran nafas yang sempit dan jalan sistem pernapasan terhalang, hal ini biasanya muncul ketika tidur.

DIDUKUNG OLEH:

Biasanya masalah ini terjadi karena adanya masalah fisik lain dan juga gaya hidup seseorang yang salah.

Saat mengorok, seseorang yang mengalami ini juga biasanya mengalami sleep apnea. Apnea artinya nafas yang terhenti saat tidur.

Durasi berhentinya pun bervariasi. Adapun penyebab munculnya dengkuran adalah sebagai berikut:

1. Usia
2. Posisi tidur
3. Saluran nafas yang sempit
4. Alkohol dan obat-obatan
5. Obesitas
6. Rokok

Bagaimana cara mengatasi dengkuran ini? Ada dua cara, yaitu dengan akupuntur dan juga menggunakan terapi cincin yang hampir sama khasiatnya dengan akupuntur.

Akupuntur medis bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mengatasi peradangan di saluran pernapasan.

Selain itu, akupuntur juga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan membantu pasien yang mendengkur akibat obesitas terbantu.

Selain itu, cincin anti mendengkur diklaim bisa membantu mengatasi dengkuran saat tidur. Cincin terapi ini berbentuk seperti biasanya dengan magnet di dalamnya.

Cara menggunakannya adalah meletakkan cincin di salah satu jari. Bagi pria sebaiknya letakkan cincin di jari tangan sebelah kanan.

Sedangkan bagi wanita, cincin terapi ini sebaiknya diletakkan di jari tangan kiri.

Anda bisa menggunakan cincin ini saat satu jam sebelum tidur. Anda bisa meremas lembut cincin ini untuk menekan titik akupresur yang ada di jari tangan.

BACA JUGA  Peran Akupuntur Di Dunia Olahraga, Pentingkah?

Tekanan akupresur saat menggunakan cincin ini diklaim bisa menstimulasi dan menghubungkan saraf pusat dengan saraf vagus.

Hal ini terhubung dengan sistem pernapasan. Oleh karena itu, masalah dengkuran atau mengorok bisa diatasi.

Mengurangi bobot tubuh dan mulai melakukan gaya hidup sehat juga perlu dilakukan agar penyakit lain dan kebiasaan mengorok tidak muncul.