Cara Mengatasi Hiperhidrosis Dengan Terapi Akupuntur

Hiperhidrosis adalah kondisi ketika tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan walaupun tidak berolahraga. Cara mengatasi hiperhidrosis bisa dengan melakukan terapi akupuntur, benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Hiperhidrosis

Jika seseorang berkeringat secara berlebihan walaupun sedang berada di ruangan bersuhu dingin, hal tersebut perlu diwaspadai. Kondisi tersebut bisa saja merujuk pada orang tersebut mengalami hiperhidrosis.

Hiperhidrosis dibagi menjadi 2 jenis, hiperhidrosis primer terjadi di bagian tertentu saja seperti kaki, telapak tangan, atau ketiak. Namun, jika terjadi di seluruh tubuh, hal tersebut disebut dengan hiperhidrosis sekunder.

Kondisi ini bisa terjadi karena stres, menopause, atau memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus. Berikut penyebab hiperhidrosis berdasarkan jenisnya, yaitu:

– Hiperhidrosis primer

Penyebab dari hiperhidrosis jenis ini diduga karena keturunan atau bersifat genetik.

– Hiperhidrosis sekunder

Penyebabnya karena terjadinya kondisi medis, seperti menopause, memiliki penyakit asam urat, diabetes mellitus, obesitas atau cedera pada tubuh.

Lalu, apakah akupuntur bisa membantu mengatasi masalah ini? Akupuntur diklaim bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, dari masalah kecantikan luar hingga nyeri di bagian dalam.

Apakah akupuntur bisa membantu atasi hiperhidrosis? Seseorang yang mengalami keringat berlebihan bisa dipicu karena stres. Terapi akupuntur bisa digunakan untuk meredakan stres pada seseorang sehingga bisa meredakan pemicu terjadinya hiperhidrosis.

Selain itu, terapi akupuntur juga bisa menenangkan pasien yang diterapi hanya dengan menusuk titik tertentu yang ada di tubuh. Jadi, emosi dan stres yang merupakan pemicu terjadinya hiperhidrosis bisa diatasi dengan akupuntur.

Jika hiperhidrosis terjadi karena suhu panas, sebaiknya hindari makanan yang berlemak dan pedas, juga penggunaan pakaian yang tebal atau menghindari tempat yang bersuhu panas.

Selain menghindari faktor pemicu dan melakukan terapi akupuntur, kondisi ini juga bisa diatasi dengan Iontophoresis atau alat penghambat keringat, selain itu juga bisa menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.

BACA JUGA  Hal-hal Penting Dari Akupuntur Yang Harus Diperhatikan

Jika Anda merasakan kondisi seperti hiperhidrosis, sebaiknya segeralah untuk memeriksakannya ke dokter atau ahlinya agar bisa segera diatasi dan tidak menimbulkan masalah lainnya.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...