Komedo merupakan teman akrab jerawat. Dimana ada jerawat pasti ada komedo. Hal ini dikarenakan komedo merupakan tumpukan kotoran yang menyumbat folikel rambut sebelum akhirnya muncul jerawat atau bisa dikatakan tanda awal munculnya jerawat diawali dengan komedo. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo ini?

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Cara-cara ini disesuaikan dengan jenis komedo itu sendiri. Ada yang hitam adapula yang putih. Jika sudah penasaran anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara-cara alami terkenal tidak memberikan efek samping. Sehingga cocok dijadikan sebagai pilihan untuk menghilangkan komedo. Baik komedo hitam maupun komedo putih. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo:

1. Scrub Madu, Lemon dan Brown Sugar

Anda bisa menggunakan campuran ini untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah, ambil dua sendok makan perasan lemon, satu sendok makan madu murni dan brown sugar. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata dan oleskan pada wajah dan gosok perlahan membentuk lingkaran.

2. Masker Kunyit dan Minyak Kelapa

Kunyit terkenal dengan kandungan anti bakteri dan anti radang. Oleh karena itu, baik untuk menghilangkan komedo. Agar komedo tidak meradang dan kemudian menjadi jerawat.

Cara membuat masker kunyit dan minyak kelapa pun cukup mudah. Ambil satu sendok bubuk kunyit kemudian campurkan dengan satu sendok minyak kelapa. Jika sudah merata oleskan pada wajah yang berkomedo. Tunggu 10-15 menit dan terakhir bilas dengan air bersih.

3. Masker Putih Telur dan Madu

Putih telur dipercaya dapat mengecilkan pori-pori dan membuat kulit menjadi semakin kencang. Cara membuatnya anda hanya perlu mencampurkan satu buah putih telur dengan satu sendok teh madu. Kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo.

Tunggu hingga 10-15 menit atau sampai masker mengering. Terakhir bilas menggunakan air hangat.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan komedo. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua. Agar hasilnya lebih maksimal anda bisa mengulangi cara-cara di atas 2-3 kali dalam seminggu.