Mengetahui masa subur wanita bukanlah hal sepele. Bagi yang belum tau pada saat masa subur wanita adalah masa yang tepat saat ingin program hamil. Sebenarnya sudah ada alat penghitung masa subur itu sendiri. Namun pembahasan cara menghitung masa subur wanita juga bisa memberikan wawasan dan juga bisa memberikan saran kepada orang lain.

DIDUKUNG OLEH:

Penjelasan kenapa masa subur sangat penting saat memulai program kehamilan adalah masa dimana sel telur terlepas dari indung telur kemudian sel telur siap dibuahi oleh sperma agar proses pembuahan berhasil. Jadi kesimpulannya saat pembuahan dilakukan pada masa subur maka kemungkinan untuk hamil lebih besar.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Sebenarnya cara menghitung masa subur wanita bisa dibilang gampang-gampang susah. Akan berhasil jika mengikuti instruksi dengan benar. Nah, berikut inilah cara menghitung masa subur wanita dengan benar:

1. Perhatikan dan Hitung Siklus Menstruasi

Langkah awal yaitu dengan memperhatikan siklus menstruasi anda. Bisa dimulai dengan menandainya di kalender. Mulai dari hari pertama anda menstruasi hingga tanggal dimana hari sebelum siklus menstruasi di bulan depan dimulai lagi. Hari pertama menstruasi hingga hari sebelum menstruasi mendatang disebut panjang siklus. Anda bisa mulai menandai atau menghitung panjang siklus menstruasi setiap bulannya.

2. Perhitungan Masa Subur

Cara menghitung masa subur bisa dilihat dari panjang siklus menstruasi. Setelah diperhatikan beberapa bulan panjang siklus menstruasi baru dicari berapa siklus terpanjang dan berapa siklus terpendek. Mari coba kita hitung.

• Panjang siklus terpendek

Kurangi 18 hari masa siklus terpendek anda yang bertujuan untuk mengetahui hari pertama masa subur anda. Misalkan siklus terpendek anda 25 hari kemudian kurangi 18 hari dapat angka 7. Maka bisa diartikan masa awal subur anda adalah hari ketujuh pasca hari pertama menstruasi.

• Panjang siklus terpanjang

Kurangi 11 hari masa siklus terpanjang anda yang bertujuan untuk mengetahui hari terakhir masa subur anda. Misalkan siklus terpanjang anda 30 hari kemudian kurangi 11 hari dapat angka 19. Maka bisa diartikan hari terakhir masa subur anda adalah hari kesembilan belas pasca hari pertama menstruasi.

Dapat disimpulkan masa subur anda dimulai dari hari ketujuh sampai hari kesembilan belas pasca menstruasi. Dan masa itulah kesempatan yang baik untuk melakukan hubungan seks agar potensi kehamilan lebih tinggi.