Cara Ampuh Obati Diabetes dengan Kulit Manggis

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah manggis? Selain enak, buah bulat berwarna ungu  kehitaman ini memiliki banyak manfaat. Terutama pada bagian kulitnya. Kulit manggis sering digunakan sebagai alternatif cara mengobati diabetes.

Kandungan yang ada pada kulit manggis ini dipercaya dapat membantu penyembuhan diabetes. Salah satunya, kandungan senyawa Xanthone dan Falvonoid. Selain itu kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit manggis mampu menangkal radikal bebas.

Lalu bagaimana cara mengolah kulit manggis agar dapat mengatasi diabetes? Sobat sehat bisa simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Mengobati Diabetes

Meski memiliki banyak kasiat, kulit manggis tidak bisa dimakan secara mentah-mentah. Karena rasanya yang tidak enak. Agar bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati diabetes maka kulit manggis perlu diolah terlebih dahulu.

- Advertisement -

1. Merebus Kulit Manggis

Untuk mengkonsumsi kulit manggis sebagai obat diabetes anda bisa merebusnya terlebih dahulu. Cara ini merupakan cara tradisional yang sering dilakukan oleh nenek moyang kita sebelum mengenal teknologi pengobatan modern.

Cara ini cukup sederhana, namun terbukti ampuh. Anda hanya perlu menyiapkan 3 gelas air kemudian masukan kulit manggis. Tunggu hingga air mendidih dan kira-kira menyusut menjadi setengahnya.

Diamkan beberapa saat. Usahakan untuk meminumnya di waktu masih hangat. Agar hasilnya maksimal anda bisa meminumnya secara rutin.

2. Membuat Ekstrak Kulit Manggis

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat ekstrak kulit manggis. Untuk membuatnya pertama-tama anda hanya perlu menjemur beberapa buah kulit manggis. Biarkan kulit manggis mengering dibawah tering matahari. Tunggu hingga benar-benar kering.

Selanjutnya, tumbuk kulit manggis yang sudah dijemur tadi hingga halus. Setelah itu anda bisa mengkonsumsinya. Anda bisa menyeduhnya kedalam air atau mencampurkan sebagai pendamping isian roti sarapan anda.

BACA JUGA  7 Makanan Sehat di Hari Valentine, Bikin Makin Romantis!

Itulah tadi beberapa pengolahan kulit manggis sebagai salah satu cara mengobati diabetes. Cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif karena kulit manggis merupakan ramuan herbal yang memiliki beberapa kandungan baik bagi penderita diabetes. Dengan adanya artikel ini, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...