5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Sobat sehat pasti sering mendengar pepatah di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah tersebut sering kita dengar di dalam dunia kesehatan. Artinya penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, ada beberapa cara menjaga kesehatan. Apa saja cara tersebut? Sobat sehat bisa simak penjelasan berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang mau sakit? Semua orang pasti akan menjawab mereka tidak mau sakit. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Di antaranya seperti:

1. Olahraga Rutin

Dengan berolahraga secara rutin tubuh menjadi lebih prima dan bugar. Kegiatan olahraga sangat cocok bagi mereka yang ingin menaikan dan menurunkan berat badan secara alami.

Dalam sebuah penelitian melakukan olahraga secara teratur dapat mencegah beberapa macam penyakit, seperti peradangan, stres, dan mampu mempercepat peredaran darah sel darah putih melawan penyakit.

- Advertisement -

2. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makan sehat yang memiliki banyak nutrisi. Dengan mengkonsumsi makanan hijau, seperti brokoli, kembang kol dan kol dapat membantu meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan sehingga dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

3. Konsumsi Vitamin D

Selain mengkonsumsi sayuran hijau, ada baiknya anda juga mengkonsumsi vitamin D ini. Di samping memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Apa efeknya jika kekurangan vitamin D? Umumnya, seseorang yang kekurangan vitamin D akan terlihat lemas dan dapat berpotensi merusak pertumbuhan tulang, masalah jantung hingga sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin D, seperti ikan salmon, ikan tuna jamur dan hati sapi.

4. Minum Teh Hijau

Seperti yang diketahui di dunia kesehatan bahwa teh hijau memiliki potensi yang sangat penting. Di dalamnya terdapat vitamin D dan dikenal memiliki antioksidan tinggi. Dengan demikian teh hijau mampu mengurangi tekanan darah dan emosi manusia.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur Untuk Nyeri Punggung Bawah

5. Tidur yang cukup

Setelah olahraga, makan dan minum hal yang terakhir adalah tidur yang cukup. Standarnya waktu untuk tidur sekitar 6-9 menit. Kurang dari itu tidak baik bagi kesehatan.
Orang yang tidur kurang dari 6 jam selama beberapa hari akan membuatnya mudah terserang penyakit karena virus, seperti flu dan batuk.

Itulah tadi beberapa cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Demikian pembahasan di atas semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...