Menjaga kesehatan tubuh sejak dini sangatlah penting. Kondisi di luar ruangan yang sudah tidak ramah lingkungan akan ada baiknya sobat sehat bisa menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. Tak terkecuali bagian organ reproduksi, bagian tubuh ini lebih sensitif dari bagian lainnya. Jika organ reproduksi bermasalah akan mengganggu menstruasi dan proses kelancaran wanita untuk memiliki momongan. Simak langkah-langkah berikut bagaimana cara menjaga organ reproduksi wanita yang benar dan mudah dimengerti.

DIDUKUNG OLEH:

Cara Menjaga Organ Reproduksi Wanita

1. Perhatikan Kebersihan Organ Reproduksi

Cara membersihkan organ reproduksi tidaklah sederhana hanya dengan menggunakan sabun mandi biasa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan organ reproduksi.

• Gunakan sabun yang tidak mengandung alkohol, antiseptik, dan parfum.

• Alur membersihkan organ reproduksi dimulai dari depan kemudian belakang, maksudnya bersihkan bagian vagina kemudian lanjut anus.

• Biasakan untuk membersihkan organ reproduksi dua kali sehari dan keringkan menggunakan handuk atau kain yang lembut.

• Gunakan celana dalam yang nyaman dan mampu menyerap keringat agar menjaga kelembaban area intim dan gantilah setidaknya dua kali celana dalam.

2. Menjaga Pola Makan Teratur dengan Gizi yang Cukup

Tubuh yang selalu mendapatkan nutrisi makanan yang baik pasti akan mengoptimalkan kinerja bagian tubuh masing-masing tanpa gangguan. Menghindari makanan yang tidak baik bagi tubuh juga sangat membantu seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi kafein berlebih, tidak meminum minuman bersoda ataupun yang beralkohol.

3. Usahakan Tidak Melakukan Hubungan Seks yang Berisiko

Hubungan seks berisiko dalam artian tidak menggunakan alat kontrasepsi dan bergonta-ganti pasangan. Dua hal itu jika dilakukan berpotensi penyebab penyakit seksual menular seperti HIV/AIDS dan penyakit organ reproduksi lainnya.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang tidak ideal sangat berpengaruh pada kesuburan dan sistem reproduksi wanita. Perlu menjaga berat tubuh tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk. Bisa diukur dengan kalkulator BMI jika ingin mengetahui berat bada ideal masing-masing wanita.

5. Pola Hidup yang Sehat

Bisa dilihat mulai dari poin 1-4 bisa dikategorikan sebagai bagian dari pola hidup sehat. Ditambah dengan pola tidur yang cukup dan teratur dan olahraga rutin pasti tubuh menjadi sehat dan organ reproduksi juga terhindar dari masalah penyakit.