Agar Gigi Sehat, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Cara menyikat gigi yang benar -Meski kita hidup didunia yang serba canggih ini, masih banyak orang-orang menyepelekan tentang kesehatan. Mindset orang-orang jaman sekarang adalah semua penyakit pasti ada obatnya tapi perlu diingat mencegah datangnya suatu penyakit juga tidak mustahil. Mencegah penyakit akan sangat jauh lebih murah daripada sobat sehat mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan.

Pada tubuh manusia organ manusia memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel-sel tubuh sendiri kecuali gigi. Tak heran untuk kasus penyakit gigi membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena proses penyembuhannya tidak didukung oleh sistem regenerasi tubuh sobat sehat.

Untuk mencegah masalah pada gigi inilah cara menyikat gigi yang benar. Masalah utama yang membuat gigi bermasalah adalah noda atau sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi tidak dibersihkan secara optimal.

Sebelum membahas cara menyikat gigi yang benar ada beberapa hal kecil tapi tidak boleh diabaikan oleh sobat sehat sebelum memulai menyikat gigi yang benar. Simak yuk!

- Advertisement -

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menyikat gigi

  • Perhatikan dalam memilih sikat gigi

Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan mulut sobat sehat. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar dan untuk ujung kepala sikat disarankan memilih yang ramping agar menjangkau gigi yang terdalam. Pastikan sobat sehat juga nyaman dengan pegangan sikat gigi yang dipilih.

  • Memilih pasta gigi yang tepat

Ada banyak jenis pasta gigi dengan merek yang berbeda-beda tapi pilihan terbaik jatuh pada pasta gigi yang mengandung Fluroide sebagai pelindung gigi dari asam yang berasal dari bakteri.

Cara menyikat gigi yang benar

Inilah cara menyikat gigi yang sesuai melalui tahapan sebagai berikut:

  • Langkah pertama, bisa dimulai dari menyikat lidah. Memberisihkan lidah terlebih dahulu bertujuan melenyapkan bakteri penyebab bau mulut. Caranya seperti menyikat gigi biasa kasih pasta gigi lalu sikat lidah dengan lembut supaya tidak terluka.
  • Langkah selanjutnya, pastikan posisi pada saat menyikat membentuk posisi 45 derajat ketepi gusi. Urutan yang baik dimulai dari gigi geraham dengan menyikat secara memutar dimulai menyikat gigi geraham bagian atas lalu bagian depan dan bagian gigi geraham yang belakang berurutan sampai gigi depan.
  • Langkah terakhir, setelah menyikat gigi menyeluruh bilas atau berkumur sampai bersih. Pastikan proses menyikat gigi tidak menekan terlalu keras supaya tidak menyakiti gusi sobat sehat.
BACA JUGA  Pijat Akupresur Stroke yang Penting untuk Diketahui

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...