Di bawah ini terdapat cara sederhana untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi selain mengkonsumsi obat. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Sederhana Untuk Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele, karena penyakit ini bisa memicu penyakit lainnya muncul yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja bahkan pada seseorang yang dalam kondisi sehat. Penyakit ini bisa muncul karena stres, kurangnya aktivitas fisik dan kurangnya tidur.

DIDUKUNG OLEH:

Selain mengkonsumsi obat, Anda bisa melakukan cara sederhana seperti di bawah ini untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu;

– Melatih pernapasan melalui lubang hidung kiri

Melatih pernapasan perut melalui lubang hidung bagian kiri dapat membantu mengontrol tingkat tekanan darah, dan mengurangi hormon stres.

– Akupresur

Terapi akupresur juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meletakkan kedua ibu jari di bagian pangkal tengkorak, dan pijat selama 2 menit.

– Melakukan pijatan di leher dan telinga

Area belakang daun telinga, dan di tengah tulang selangka bisa membantu menurunkan tekanan darah. Pijat dengan lembut kedua titik sambil tarik ke atas, dan ulangi selama 10 kali.

Titik ketiga berada di area wajah yang sejajar dengan daun telinga. Pijat kedua sisi area ini selama 1 menit dengan arah berlawanan jarum jam.

– Merendam kaki dengan air panas

Merendam kaki dengan air panas atau hangat bisa membuat tekanan darah menjadi normal. Anda bisa merendam kaki dan tangan dengan posisi duduk dan mengompres bagian belakang leher dengan es.

– Meminum segelas air

Tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan karena tubuh dehidrasi. Oleh karena itu, dalam kasus ini cobalah untuk mengatasinya dengan meminum 2 gelas air setiap merasakan gejala hipertensi.

BACA JUGA  Obati Nyeri Lutut Dengan Terapi Pengobatan Akupuntur

Selain cara di atas, bahan herbal di bawah ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, yaitu:

1. Temulawak
2. Selederi
3. Kumis kucing
4. Pegagan
5. Jahe
6. Bawang putih

Bahan alami di atas diklaim bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, pola hidup sehat juga perlu diterapkan agar tubuh menjadi lebih bugar dan terhindar dari penyakit.