Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Cara terapi akupuntur untuk mengatasi berbagai macam masalah jantung diklaim cukup efektif untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana cara terapi tusuk jarum ini mengatasi aritmia pada organ jantung dengan baik? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Terapi Akupuntur Atasi Aritmia

Aritmia merupakan suatu kondisi terjadinya gangguan pada irama jantung seseorang. Orang yang menderita kondisi ini akan merasakan detak jantungnya tidak stabil, terlalu lambat, terlalu cepat atau tidak beraturan.

DIDUKUNG OLEH:

Jenis aritmia yang kerap dialami ialah AV blok, Atrial fibrilasi, ventrikel fibrasi dan lain-lain. Penderita aritmia tidak hanya merasakan irama detak jantung yang tidak stabil, kondisi kesehatan lain juga akan muncul.

Contoh masalah kesehatan yang akan ikut muncul adalah rasa sesak nafas, pusing, cepat merasakan lelah, pingsan dan nyeri di bagian dada. Biasanya aritmia terjadi karena beberapa kondisi, seperti:

– Sleep apnea
– Hipertensi atau tekanan darah tinggi
– Pilek
– Kelainan pada katup jantung
– Diabetes
– Serangan jantung

Salah satu cara untuk mengatasi aritmia adalah dengan melakukan terapi akupuntur. Menurut sebuah penelitian, akupuntur mengubah irama jantung menjadi normal.

Hasil penelitian tersebut berdasarkan penelitian dari University of Minnesota. Bahkan, penelitian serupa yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Beijing juga mendapatkan hasil yang sama.

Aritmia kerap tidak terdeteksi sebagai penyakit jantung, sedangkan gangguan irama jantung ini terjadi karena adanya pembentukan impuls listrik yang menyebabkan denyut jantung tidak beraturan.

Selain menggunakan akupuntur, aritmia juga bisa diatasi dengan menggunakan metode pemasangan LAA, yang merupakan penanganan terbaik untuk mengurangi terjadinya pembekuan darah di serambi jantung kiri.

Jika gejala aritmia terjadi, Anda bisa menggunakan akupuntur atau memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, penggunaan obat tertentu dan olahraga teratur juga pola hidup sehat bisa menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA  Terapi Bekam Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Jadi, organ jantung merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan sebisa mungkin tidak pernah mengalami gangguan pada organ penting ini karena terhubung dengan kehidupan.