Celine Dion Derita Penyakit Langka Stiff-person Syndrome, Bagaimana Terapi Yang Sheng Bisa Membantu?

Jagat maya sempat gempar dengan kabar sakit yang diderita Celine Dion. Gegara penyakit Stiff-person syndrome tersebut, sang diva internasional harus membatalkan konsernya di Eropa pada 2023 mendatang. Penyakit apakah itu? Bagaimana terapi kesehatan tradisional seperti Yang Sheng bisa mengurangi dampaknya?

Mengutip LiveScience, Stiff-person syndrome mempengaruhi sekitar 1 sampai 2 dari 1 juta orang, menurut Johns Hopkins Medicine.

Pusat Informasi Penyakit Genetik dan Langka (GARD) menyatakan kondisi ini mempengaruhi wanita dua kali lebih banyak daripada pria.

Menurut Medical News Today, orang yang mengidap sindrom tersebut mengalami kekakuan otot yang berulang pada tungkai dan batang tubuh serta kejang otot yang terjadi secara spontan atau karena kepekaan yang meningkat terhadap rangsangan.

- Advertisement -

Sindrom tersebut kemungkinan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang secara tidak sengaja menyerang sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Sel-sel saraf ini biasanya akan membantu mengendalikan kontraksi otot. Pada pasien, terjadi kekakuan spontan pada batang tubuh dan anggota badan, serta kejang otot yang hebat dan sporadis.

Suara keras, gerakan tiba-tiba, dan tekanan emosional dapat memicu kejang yang terkadang cukup kuat untuk mematahkan tulang ini, menurut GARD.

Terapi Yang Sheng untuk Atasi Kejang Otot

Seperti cara kerja terapi akupuntur namun tanpa jarum, terapi Yang Sheng bisa bermanfaat untuk meredakan kejang otot.

Pakar akupuntur asal Medan, dokter Jimi Wihono menyampaikan, selain untuk mengatasi penyakit, terapi yang menggunakan prinsip getaran ini juga baik bagi orang sehat.

“Salah satu fungsi terapi ini adalah untuk mengencangkan otot,” lanjut dr. Jim. “Jadi alat terapi ini menggunakan listrik untuk menciptakan getaran. Tapi ini bukan terapi listrik, melainkan getaran. Getaran itu lah yang akan menguatkan otot.”

BACA JUGA  Akupuntur Solusi Tepat Atasi Maag Seperti Dialami Mikha Tambayong

Karena manfaat dalam mengencangkan otot tersebut, dr. Jim mengatakan, pasien yang menderita stroke atau faktor lansia sangat terbantu oleh terapi ini.

“Semakin berusia manusia, otot akan semakin lemah. Makanya orang tua terjatuh, akan mengalami patah tulang. Karena tidak ada otot yang membungkus tulangnya. Kekuatan ototnya tidak ada. Sehingga orang tua, meskipun banyak konsumsi susu atau kalsium, jika terjatuh tetap akan cedera patah tulang.”

Ahli akupuntur yang mengikuti prinsip-prinsip yang lebih tradisional / Cina kuno fokus secara eksklusif pada mengarahkan aliran qi (diucapkan “chee”), atau energi, melalui tubuh.

Praktisi lain menerapkan pengobatan Barat, menggunakan jarum untuk merangsang sistem tubuh. Banyak ahli akupuntur menggunakan kombinasi dari kedua pendekatan tersebut.

Dalam akupuntur Barat, ada tradisi lama dalam mengobati kejang dan kram otot. Ini sering disebut titik pemicu. Ini adalah penyumbatan di otot yang terasa nyeri saat disentuh.

Seperti akupuntur, Yang Sheng bekerja dengan membuka blokir energi tubuh yang terperangkap (dalam pengobatan Tiongkok ini disebut Qi) melalui sistem tubuh.

Penjelasan ilmiah modern adalah ketika menusuk titik pemicu, ini merangsang sistem saraf untuk melepaskan bahan kimia di otot, sumsum tulang belakang dan otak termasuk endorfin, ensefalin, dan jenis bahan kimia saraf lainnya.

Bahan kimia alami ini memicu pelepasan bahan kimia dan hormon lain serta mengubah rasa sakit. Energi yang ditingkatkan dan keseimbangan biokimia menghasilkan stimulasi tubuh untuk melepaskan ketegangan otot dan meredakan nyeri. [AB]

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...