Celine Dion Derita Penyakit Langka Stiff-person Syndrome, Bagaimana Terapi Yang Sheng Bisa Membantu?

Jagat maya sempat gempar dengan kabar sakit yang diderita Celine Dion. Gegara penyakit Stiff-person syndrome tersebut, sang diva internasional harus membatalkan konsernya di Eropa pada 2023 mendatang. Penyakit apakah itu? Bagaimana terapi kesehatan tradisional seperti Yang Sheng bisa mengurangi dampaknya?

Mengutip LiveScience, Stiff-person syndrome mempengaruhi sekitar 1 sampai 2 dari 1 juta orang, menurut Johns Hopkins Medicine.

Pusat Informasi Penyakit Genetik dan Langka (GARD) menyatakan kondisi ini mempengaruhi wanita dua kali lebih banyak daripada pria.

Menurut Medical News Today, orang yang mengidap sindrom tersebut mengalami kekakuan otot yang berulang pada tungkai dan batang tubuh serta kejang otot yang terjadi secara spontan atau karena kepekaan yang meningkat terhadap rangsangan.

Sindrom tersebut kemungkinan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang secara tidak sengaja menyerang sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Sel-sel saraf ini biasanya akan membantu mengendalikan kontraksi otot. Pada pasien, terjadi kekakuan spontan pada batang tubuh dan anggota badan, serta kejang otot yang hebat dan sporadis.

Suara keras, gerakan tiba-tiba, dan tekanan emosional dapat memicu kejang yang terkadang cukup kuat untuk mematahkan tulang ini, menurut GARD.

Terapi Yang Sheng untuk Atasi Kejang Otot

Seperti cara kerja terapi akupuntur namun tanpa jarum, terapi Yang Sheng bisa bermanfaat untuk meredakan kejang otot.

Pakar akupuntur asal Medan, dokter Jimi Wihono menyampaikan, selain untuk mengatasi penyakit, terapi yang menggunakan prinsip getaran ini juga baik bagi orang sehat.

“Salah satu fungsi terapi ini adalah untuk mengencangkan otot,” lanjut dr. Jim. “Jadi alat terapi ini menggunakan listrik untuk menciptakan getaran. Tapi ini bukan terapi listrik, melainkan getaran. Getaran itu lah yang akan menguatkan otot.”

BACA JUGA  Wah! Denise Chariesta Idap Penyakit Psoriasis, Akupuntur Bisa Sembuhkan?

Karena manfaat dalam mengencangkan otot tersebut, dr. Jim mengatakan, pasien yang menderita stroke atau faktor lansia sangat terbantu oleh terapi ini.

“Semakin berusia manusia, otot akan semakin lemah. Makanya orang tua terjatuh, akan mengalami patah tulang. Karena tidak ada otot yang membungkus tulangnya. Kekuatan ototnya tidak ada. Sehingga orang tua, meskipun banyak konsumsi susu atau kalsium, jika terjatuh tetap akan cedera patah tulang.”

Ahli akupuntur yang mengikuti prinsip-prinsip yang lebih tradisional / Cina kuno fokus secara eksklusif pada mengarahkan aliran qi (diucapkan “chee”), atau energi, melalui tubuh.

Praktisi lain menerapkan pengobatan Barat, menggunakan jarum untuk merangsang sistem tubuh. Banyak ahli akupuntur menggunakan kombinasi dari kedua pendekatan tersebut.

Dalam akupuntur Barat, ada tradisi lama dalam mengobati kejang dan kram otot. Ini sering disebut titik pemicu. Ini adalah penyumbatan di otot yang terasa nyeri saat disentuh.

Seperti akupuntur, Yang Sheng bekerja dengan membuka blokir energi tubuh yang terperangkap (dalam pengobatan Tiongkok ini disebut Qi) melalui sistem tubuh.

Penjelasan ilmiah modern adalah ketika menusuk titik pemicu, ini merangsang sistem saraf untuk melepaskan bahan kimia di otot, sumsum tulang belakang dan otak termasuk endorfin, ensefalin, dan jenis bahan kimia saraf lainnya.

Bahan kimia alami ini memicu pelepasan bahan kimia dan hormon lain serta mengubah rasa sakit. Energi yang ditingkatkan dan keseimbangan biokimia menghasilkan stimulasi tubuh untuk melepaskan ketegangan otot dan meredakan nyeri. [AB]

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....