Seorang pria membutuhkan sperma sehat untuk bisa menghasilkan anak setelah berhubungan dengan sang istri. Kesuburan pria memang bisa dilihat dari kondisi spermanya. Jika memiliki sperma yang sehat, tentu akan mempercepat untuk merealisasikan keinginan memiliki anak. Untuk memiliki sperma yang berkualitas, bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menjaga asupan makan, mengkonsumsi vitamin, mineral ataupun menambah asupan suplemen. Selain itu, pastikan tidak mengalami stres yang kerap membuat sperma kurang baik. Untuk mengidentifikasi apakah sperma yang dimiliki sehat atau tidak, ciri-ciri sperma sehat bisa menjadi acuan.

DIDUKUNG OLEH:

Ciri-Ciri Sperma Sehat Penanda Kesuburan Pria

Tekstur Kental

Tekstur sperma bisa menjadi acuan untuk mengetahui kondisi sperma. Sperma yang bagus bisa ditandai dengan teksturnya yang kental dan ketika disentuh terasa lengket. Tekstur yang kental menandakan jumlah spermanya lebih banyak sehingga bisa menambah kemungkinan untuk bertahan lebih lama di vagina.

Warna Sperma

Sperma yang normal umumnya memiliki warna putih dan keabu-abuan. Cara ini bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi sperma tanpa menyentuhnya. Jika warna sperma kekuningan, tak perlu khawatir karena masih dalam kondisi normal. Perlu diperhatikan ketika warna sperma kuning pekat atau kemerahan karena menandakan bahwa sperma kurang bagus. Jika mengalami hal ini, segera untuk memeriksa kesehatan pada dokter agar bisa ditangani dengan cepat. Dokter biasanya akan memberikan tips serta obat agar sperma normal kembali.

Aroma Sperma

Umumnya, sperma yang baik beraroma menyerupai pemutih pakaian. Namun jika memiliki sperma dengan bau amis, ini bisa menandakan bahwa ada gangguan pada organ vitalnya. Cara mengindentifikasi dengan cara ini bisa dilakukan dengan mudah, tanpa harus pergi ke dokter untuk mengeceknya.

Volume Sperma

Sperma biasanya akan keluar sekitar 2-5 ml ketika seorang pria mengalami ejakulasi. Terdapat 15 juta sel sperma yang ada pada satu mililiternya. Untuk mengetahui apakah sperma normal atau tidak bisa dilakukan dengan cara ini. Saat sperma yang keluar sangat sedikit, bisa menjadi penanda bahwa sperma yang dimiliki sedang tidak sehat. Segera untuk mengubah pola hidup agar kembali normal.