Dapatkah Akupuntur Meredakan Kolik Bayi ? – Tangisan bayi penderita kolik dapat dikurangi jika mereka dirawat dengan akupuntur, menurut penelitian kontroversial dari Swedia. Tetapi para ahli Inggris mengatakan tidak ada kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian kecil terhadap 147 bayi berusia dua hingga delapan minggu.

Walaupun kolik tidak berbahaya, merawat bayi yang mengidapnya bisa membuat frustrasi dan tertekan. NHS Choices mencantumkan sejumlah cara berbeda untuk menenangkan bayi kolik. Akupuntur bukanlah salah satunya.

Kolik merupakan tangisan berlebihan pada bayi yang dalam keadaan sehat – mempengaruhi satu dari lima bayi. Tangisan yang sering dan berlebihan biasanya akan hilang pada saat bayi berusia enam bulan. Tetapi rasanya sangat lama untuk mencapai titik itu.

Penyebab kolik tidak diketahui, tetapi gangguan pencernaan, angin yang terperangkap. Atau usus yang sensitif terhadap payudara atau susu formula diduga ada di baliknya.

Dapatkah Akupuntur Meredakan Kolik Bayi ?

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, Acupuncture in Medicine, para peneliti dari Lund University memisahkan bayi dengan kolik menjadi tiga kelompok. Dua kelompok menerima dua jenis akupuntur minimal, sedangkan kelompok lainnya tidak menerima akupuntur.

Satu jarum dimasukkan dengan kedalaman 3mm selama beberapa detik pada kelompok pertama. Dhingga lima jarum dimasukkan hingga 30 detik untuk kelompok kedua.
Ini terjadi dua kali seminggu selama dua minggu dan orang tua dari semua bayi diminta untuk membuat catatan harian yang rinci. Tentang seberapa sering dan berapa lama anak mereka menangis selama waktu tersebut.

Waktu yang dihabiskan bayi untuk menangis berkurang secara berlebihan di ketiga kelompok, para peneliti menemukan, tetapi kelompok yang diberi akupuntur tampaknya mengurangi tangisan mereka pada tingkat yang sedikit lebih cepat.

Dr Kajsa Landgren, penulis studi dari fakultas kedokteran di universitas bemengatakan bahwa bayi tidak menangis sama sekali selama lebih dari setengah perawatan. Dan hanya menangis lebih dari satu menit selama 31 dari 380 sesi. Ini menunjukan bahwa akupuntur memberikan efek yang baik untuk bayi. Berkurangnya intensitas menangis mendadakan keberhasilan terapi akupuntur pada bayi kolik.