Dapatkah Akupuntur Meredakan Kolik Bayi ?

Dapatkah Akupuntur Meredakan Kolik Bayi ? – Tangisan bayi penderita kolik dapat dikurangi jika mereka dirawat dengan akupuntur, menurut penelitian kontroversial dari Swedia. Tetapi para ahli Inggris mengatakan tidak ada kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian kecil terhadap 147 bayi berusia dua hingga delapan minggu.

Walaupun kolik tidak berbahaya, merawat bayi yang mengidapnya bisa membuat frustrasi dan tertekan. NHS Choices mencantumkan sejumlah cara berbeda untuk menenangkan bayi kolik. Akupuntur bukanlah salah satunya.

Kolik merupakan tangisan berlebihan pada bayi yang dalam keadaan sehat – mempengaruhi satu dari lima bayi. Tangisan yang sering dan berlebihan biasanya akan hilang pada saat bayi berusia enam bulan. Tetapi rasanya sangat lama untuk mencapai titik itu.

Penyebab kolik tidak diketahui, tetapi gangguan pencernaan, angin yang terperangkap. Atau usus yang sensitif terhadap payudara atau susu formula diduga ada di baliknya.

Dapatkah Akupuntur Meredakan Kolik Bayi ?

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, Acupuncture in Medicine, para peneliti dari Lund University memisahkan bayi dengan kolik menjadi tiga kelompok. Dua kelompok menerima dua jenis akupuntur minimal, sedangkan kelompok lainnya tidak menerima akupuntur.

Satu jarum dimasukkan dengan kedalaman 3mm selama beberapa detik pada kelompok pertama. Dhingga lima jarum dimasukkan hingga 30 detik untuk kelompok kedua.
Ini terjadi dua kali seminggu selama dua minggu dan orang tua dari semua bayi diminta untuk membuat catatan harian yang rinci. Tentang seberapa sering dan berapa lama anak mereka menangis selama waktu tersebut.

Waktu yang dihabiskan bayi untuk menangis berkurang secara berlebihan di ketiga kelompok, para peneliti menemukan, tetapi kelompok yang diberi akupuntur tampaknya mengurangi tangisan mereka pada tingkat yang sedikit lebih cepat.

BACA JUGA  Gunakan Akupuntur Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Dr Kajsa Landgren, penulis studi dari fakultas kedokteran di universitas bemengatakan bahwa bayi tidak menangis sama sekali selama lebih dari setengah perawatan. Dan hanya menangis lebih dari satu menit selama 31 dari 380 sesi. Ini menunjukan bahwa akupuntur memberikan efek yang baik untuk bayi. Berkurangnya intensitas menangis mendadakan keberhasilan terapi akupuntur pada bayi kolik.

 

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...