Detak Jantung Atlet Ini Tak Normal, Akupuntur Bisa Atasi?

Pesepakbola Denmark, Christian Eriksen, pernah tersungkur karena menderita detak jantung tak normal. Tentu saja praktik terapi akupuntur bisa membantu detak jantung, dengan meningkatkan variabilitas detaknya. Berikut penjelasannya.

Manfaat Akupuntur Meningkatkan Variabilitas Detak Jantung

Eriksen terpaksa dirawat di rumah sakit guna menjalani serangkaian tes setelah terkena henti jantung saat laga turnamen internasional.

Gelandang Timnas Denmark tersebut tiba-tiba terjatuh ke lapangan pada paruh waktu babak pertama pertandingan saat melawan Finlandia di Euro 2020.

Diketahui, Christian Eriksen sedang berjalan sendirian di pinggir lapangan pada menit ke-42 ketika ia tampak tersandung dan kemudian jatuh ke depan.

Salah satu penyebab paling umum dari henti jantung adalah detak jantung tidak normal yang merupakan ancaman keselamatan jiwa, menurut British Heart Foundation (BHF).

Penyebab lainnya termasuk kardiomiopati – penyakit yang mempengaruhi ukuran, bentuk atau ketebalan otot jantung. Ada pula miokarditis akut alias peradangan otot jantung.

Para peneliti telah menemukan bahwa akupunktur auricular bermanfaat bagi jantung dengan meningkatkan variabilitas detak jantung (HRV).

HRV adalah kemampuan tubuh untuk mengatur interval waktu antara detak jantung dan merupakan indeks kemampuan tubuh untuk mempertahankan kontrol dari denyut jantung dan ritme melalui aktivitas saraf vagus.

Penurunan HRV ditemukan pada individu yang tidak sehat dan sangat tertekan. Kemampuan akupuntur untuk meningkatkan HRV sangat penting karena berkurangnya HRV terkait dengan kematian setelah infark miokard, gagal jantung kongestif, neuropati diabetes dan tingkat kelangsungan hidup yang rendah pada bayi prematur.

Pengurangan HRV juga umum pada pasien dengan PTSD (post-traumatic stress syndrome) dan untuk individu dengan peningkatan denyut jantung karena stres.

Para peneliti dari International Society for Autonomic Neuroscience menemukan hasil serupa tahun lalu. Mereka mengukur bahwa titik akupunktur tusuk jarum CV17 meningkatkan HRV. Mereka menyimpulkan bahwa akupuntur di CV17 “menyebabkan modulasi fungsi otonom jantung.”

BACA JUGA  Ingin Awet Muda Seperti Puspa Dewi, Akupuntur Bisa Jadi Pilihan Terapi

Penelitian ini mengukur mekanisme di mana akupunktur di CV17 mampu mengaktifkan sistem saraf otonom untuk mengontrol denyut jantung dengan meningkatkan aktivitas vagal. Demikian penjelasan manfaat akupuntur untuk membantu detak jantung. Semoga sehat selalu! [EB]

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...