Di Singapura, Banyak Dokter Gigi Belajar Ilmu Akupuntur

Di Singapura, Banyak Dokter Gigi Belajar Ilmu Akupuntur – Bukan hanya sinseh China yang berpengalaman dalam seni penyembuhan akupuntur kuno. Dokter dan dokter gigi juga semakin banyak mengambil sertifikasi, dan sekarang banyak ahli akupuntur di negara sebelah yakni Singapura terdaftar secara resmi. Beberapa profesional medis melakukan ini untuk kepentingan pribadi atau untuk pengajaran dan penelitian, sementara yang lain menggunakannya sebagai bagian dari praktik mereka.

Salah satunya adalah Dr Lau Tang Ching, wakil ketua dewan kedokteran (pendidikan) di National University Hospital (NUH). Ahli reumatologi, yang terdaftar pada tahun 2007, mengatakan bahwa dia telah membaca tentang bagaimana akupunktur dapat meredakan nyeri pada beberapa kondisi, seperti ketegangan pada leher dan punggung, serta sindrom nyeri myofascial.

“Saya menyadari satu-satunya cara untuk lebih membantu pasien adalah melalui pelatihan,” tambah Dr Lau.

Di Singapura, Banyak Dokter Gigi Belajar Ilmu Akupuntur

Minat yang meningkat datang ketika jumlah praktisi pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) melewati angka 3.000 di sini, berdasarkan angka terbaru yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan, naik sekitar 20 persen dari tahun 2010. Ada 2.808 dokter TCM yang terdaftar pada akhir 2015. 249 lainnya hanya terdaftar sebagai ahli akupunktur. Di antara mereka ada 134 dokter dan dokter gigi, 54 persen dari kelompok tersebut.

Ini adalah tanda bagaimana, dalam beberapa tahun terakhir, sektor TCM telah membuat terobosan dalam kancah perawatan kesehatan yang diunggulkan.

Empat rumah sakit umum menyediakan perawatan akupunktur jarum, namun tetap sesuai pada rujukan dokter, kata juru bicara kementerian. Mereka adalah rumah sakit Universitas Nasional, Umum Singapura, Tan Tock Seng dan Khoo Teck Puat.

“TCM terus memainkan peran pelengkap dalam memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan masyarakat kami,” kata juru bicara tersebut, dikutip dari asiaone.com.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur Untuk Membangunkan Pasien Koma

Salah satu cara yang dapat diambil oleh dokter dan dokter gigi untuk memperoleh kualifikasi akupunktur adalah dengan mendaftar di kursus di Singapore College of TCM.

Dimulai pada tahun 2006, program diploma akupunktur terdiri dari setidaknya 400 jam kelas, yang diajarkan dalam bahasa Inggris, selama periode dua tahun.

Saat ini, ada 12 profesional medis yang terdaftar dalam kursus tersebut, kata juru bicara perguruan tinggi.

Setelah menyelesaikan kursus, mereka harus lulus ujian sekolah agar memenuhi syarat untuk Ujian Registrasi Akupunktur Singapura.

Hanya setelah mereka lulus ujian dua tahunan ini, yang dilakukan oleh Dewan Praktisi TCM, mereka akan diberi izin untuk berlatih akupunktur. Setelah itu, seseorang harus memperbarui lisensinya setiap satu atau dua tahun. Ini menjadi pertanda bahwa akupuntur mulai menyebar di berbagai negara, termasuk negara tetangga yakni Singapura.

 

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...