Dokter Cantik ini Padukan Terapi Akupuntur dalam Praktik Medisnya

Terapi akupuntur telah menjadi banyak digunakan di kalangan individu dari semua lapisan masyarakat. Ini memberikan manfaat bagi atlet profesional serta rata-rata individu atau prajurit akhir pekan.

Ini telah ada dalam pengobatan Tiongkok selama ribuan tahun, dan sekarang diterima di antara budaya Barat sebagai pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui penggunaan akupuntur sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan, meningkatkan kinerja, dan memberikan bantuan dari rasa sakit kronis.

Teranyar, seorang dokter memadukan terapi akupuntur dalam praktik medisnya. Adalah Dr Hj. Dewi Afwina, M. Kes yang telah berhasil mengenalkan akupuntur menjadi treatment kecantikan di wajah.

- Advertisement -

“Saya kombinasikan akupuntur dengan treatment modern. Di Pekanbaru masih jarang” kata dr Dewi ditemui di kliniknya, Jalan Anggrek, Pekanbaru.

Dokter Dewi fokus menerapkan ilmu akupuntur yang dimilikinya terhadap dunia kesehatan dan kecantikan.

Dia mengatakan, ide ini muncul setelah dirinya merasakan hasil menggembirakan dari akupuntur.

Peran Akupuntur Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Menurut Dr. Elizabeth Trattner, akupuntur memiliki keunikan, tidak seperti obat-obatan Barat. Cara dari pengobatan ini mempertimbangkan keadaan pasien dan adanya penanganan di seluruh tubuh.

Bagian otak di dalam tubuh secara alami menghasilkan suatu zat endorfin yang berguna untuk atasi rasa sakit. Dengan akupuntur, zat ini dapat dihasilkan lebih banyak sehingga penyembuhan rasa sakit dalam tubuh lebih cepat teratasi.

Dengan melakukan terapi akupuntur, aliran darah dalam tubuh akan meningkat yang menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan akhirnya membantu mengurangi tekanan darah dalam otak dan juga tekanan darah tinggi.

Selain untuk meredakan rasa nyeri, akupuntur sering digunakan seseorang untuk atasi masalah kesehatan mental. Dengan menstimulasi titik tertentu, rasa stres dan kecemasan akan berkurang yang mengakibatkan tubuh menjadi rileks.

BACA JUGA  Mengatasi Mual Ketika Hamil Dengan Tusuk Jarum

Menurut sebuah penelitian, akupuntur memberikan hasil yang baik pada gangguan yang berhubungan dengan saraf otonom. Selain itu, akupuntur juga bisa mengatasi masalah penyakit kardiovaskular, sindrom ovarium, dan lain-lain.

Manfaat Akupuntur

Saat akan melakukan terapi akupuntur, spesialis akupuntur akan menanyakan perihal kesehatan pasien dan akan melakukan tindakan sesuai dengan pasien butuhkan.

Jarum akupuntur akan ditusukkan pada titik tertentu dan umumnya lima sampai 20 jarum akan ditusukkan ke tubuh dan didiamkan selama 10 sampai 20 menit.

Tidak hanya mengatasi masalah mental, akupuntur dapat atasi masalah fisik yang ada di tubuh seperti kekauan otot, obesitas, nyeri pinggang dan bahkan bisa mengatasi masalah kecantikan tubuh.

Akupuntur untuk kesehatan fisik dan mental merupakan pengobatan alternatif yang bisa dicoba untuk atasi keluhan yang ada di tubuh dan yang terpenting perlu adanya konsultasi dokter terlebih dahulu agar pengobatan berjalan aman tanpa ada efek samping yang timbul.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...