Dokter Cantik ini Padukan Terapi Akupuntur dalam Praktik Medisnya

Terapi akupuntur telah menjadi banyak digunakan di kalangan individu dari semua lapisan masyarakat. Ini memberikan manfaat bagi atlet profesional serta rata-rata individu atau prajurit akhir pekan.

Ini telah ada dalam pengobatan Tiongkok selama ribuan tahun, dan sekarang diterima di antara budaya Barat sebagai pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui penggunaan akupuntur sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan, meningkatkan kinerja, dan memberikan bantuan dari rasa sakit kronis.

Teranyar, seorang dokter memadukan terapi akupuntur dalam praktik medisnya. Adalah Dr Hj. Dewi Afwina, M. Kes yang telah berhasil mengenalkan akupuntur menjadi treatment kecantikan di wajah.

“Saya kombinasikan akupuntur dengan treatment modern. Di Pekanbaru masih jarang” kata dr Dewi ditemui di kliniknya, Jalan Anggrek, Pekanbaru.

Dokter Dewi fokus menerapkan ilmu akupuntur yang dimilikinya terhadap dunia kesehatan dan kecantikan.

Dia mengatakan, ide ini muncul setelah dirinya merasakan hasil menggembirakan dari akupuntur.

Peran Akupuntur Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Menurut Dr. Elizabeth Trattner, akupuntur memiliki keunikan, tidak seperti obat-obatan Barat. Cara dari pengobatan ini mempertimbangkan keadaan pasien dan adanya penanganan di seluruh tubuh.

Bagian otak di dalam tubuh secara alami menghasilkan suatu zat endorfin yang berguna untuk atasi rasa sakit. Dengan akupuntur, zat ini dapat dihasilkan lebih banyak sehingga penyembuhan rasa sakit dalam tubuh lebih cepat teratasi.

Dengan melakukan terapi akupuntur, aliran darah dalam tubuh akan meningkat yang menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan akhirnya membantu mengurangi tekanan darah dalam otak dan juga tekanan darah tinggi.

Selain untuk meredakan rasa nyeri, akupuntur sering digunakan seseorang untuk atasi masalah kesehatan mental. Dengan menstimulasi titik tertentu, rasa stres dan kecemasan akan berkurang yang mengakibatkan tubuh menjadi rileks.

BACA JUGA  Meredakan Asam Lambung dengan Tekan Akupresur

Menurut sebuah penelitian, akupuntur memberikan hasil yang baik pada gangguan yang berhubungan dengan saraf otonom. Selain itu, akupuntur juga bisa mengatasi masalah penyakit kardiovaskular, sindrom ovarium, dan lain-lain.

Manfaat Akupuntur

Saat akan melakukan terapi akupuntur, spesialis akupuntur akan menanyakan perihal kesehatan pasien dan akan melakukan tindakan sesuai dengan pasien butuhkan.

Jarum akupuntur akan ditusukkan pada titik tertentu dan umumnya lima sampai 20 jarum akan ditusukkan ke tubuh dan didiamkan selama 10 sampai 20 menit.

Tidak hanya mengatasi masalah mental, akupuntur dapat atasi masalah fisik yang ada di tubuh seperti kekauan otot, obesitas, nyeri pinggang dan bahkan bisa mengatasi masalah kecantikan tubuh.

Akupuntur untuk kesehatan fisik dan mental merupakan pengobatan alternatif yang bisa dicoba untuk atasi keluhan yang ada di tubuh dan yang terpenting perlu adanya konsultasi dokter terlebih dahulu agar pengobatan berjalan aman tanpa ada efek samping yang timbul.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...