Donna Kuatir Varises, Akupuntur Bisa Cegah?

Donna Agnesia mengakui dirinya takut jika kakinya mengalami varises. Patut dimaklumi, sebab istri Darius Sinathrya tersebut kerap menjalani jadwal padat. Bagaimana akupuntur bisa mencegah terjadinya varises di kaki?

Mencegah Terjadinya Varises dengan Terapi Akupuntur

Varises terjadi ketika katup satu arah yang mengalirkan darah menuju jantung mengalami malfungsi. Darah menjadi terperangkap di dalam vena dan merembes ke bawah, menyebabkan pembuluh darah membesar, nyeri dan peradangan. Hal seperti ini yang dikuatirkan oleh Donna.

“Kaki saya kalau malam suka pegal dan ngilu, mungkin karena udara dingin. Makanya kadang pakai (alas kaki) teplek saja, nggak cantik sih, tapi mau bagaimana lagi, saya takut varises,” kata Donna Agnesia di Jakarta, kemarin.

Pembuluh darah yang terkena mungkin tampak berwarna ungu, biru atau bahkan hitam. Anggota badan mungkin terasa berat, mati rasa, dan sulit untuk bermanuver. Komplikasi lain dapat berkembang termasuk luka terbuka, gatal, flebitis, atau trombosis.

Akupuntur dan pengobatan Oriental dapat mendiagnosis kondisi ini sebagai Tenggelamnya Qi Limpa. Limpa memainkan peran penting dalam kesehatan pembuluh darah karena memiliki tanggung jawab untuk ‘menjaga segala sesuatu di tempatnya.’ Dalam kasus varises, Limpa malfungsi dengan cara yang mengganggu integritas dinding pembuluh darah, mengakibatkan mereka kegagalan untuk mengelola dan menahan aliran darah dengan benar.

Di ujung kepala terdapat titik akupuntur serbaguna yang disebut Hundred Meetings. Salah satu tugasnya adalah memaksa energi ke arah atas, sehingga mengarahkan darah untuk tetap pada jalur alaminya dengan naik ke jantung.

Titik ini memerintahkan banyak Qi karena merupakan tempat pertemuan bagi banyak sumber energi untuk berkumpul di dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk mendorong darah yang beracun dan mandek untuk bergerak.

BACA JUGA  Meditasi Mindfulness Dan Akupuntur Untuk Migrain

Untuk memperkuat aliran darah yang kuat, teknik yakni tusuk jarum Plum Blossom mungkin merupakan pelengkap yang sempurna. Jarum Plum Blossom adalah alat sekali pakai yang memiliki tujuh jarum yang ditempatkan di area sebesar kepala sikat gigi.

Ibarat sikat gigi, gagangnya panjang. Metode ini melibatkan penyadapan ringan di lokasi varises yang lebih halus. Idenya adalah mengetuk dengan tekanan yang cukup untuk melepaskan darah yang terkumpul melalui epidermis. Ukuran dan tingkat keparahan varises akan menentukan apakah perawatan ini tepat.

Beberapa cara untuk meningkatkan sirkulasi di rumah dan meredakan gejala varises termasuk olahraga, tidak duduk atau berdiri terlalu lama, memakai selang kompresi, rendam kaki hangat selama 10 menit, mengangkat kaki setinggi jantung selama 10 menit, dan mengenakan sepatu yang nyaman, datar, dan empuk.

Demikian tadi kiat akupuntur dalam mencegah munculnya varises di kaki. Agar tidak kuatir seperti Donna Agnesia. [EB]

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...