Pengobatan akupuntur berasal dari negeri Cina dan efektif atasi berbagai penyakit tubuh. Namun, efek samping akupuntur tetap bisa saja muncul jika pengobatan tersebut tidak cocok atau ada kesalahan saat melakukan terapi dan beberapa faktor lainnya. Berikut penjelasan mengenai hal tersebut.

DIDUKUNG OLEH:

Efek Setelah Akupuntur

Akupuntur sangat membantu para pasien yang mengalami keluhan penyakit yang bermacam-macam, contohnya penyakit diabetes, stres, obesitas dan lain-lain. Dengan begitu banyaknya manfaat akupuntur, ternyata terapi ini bisa juga menimbulkan efek samping.

Menurut ahli akupuntur, dengan menstimulasi titik tertentu, aliran energi yang ada di tubuh akan lancar kembali dan berefek pada kesehatan tubuh manusia. Jika aliran energi dalam tubuh tersumbat, maka muncullah berbagai penyakit yang ada di tubuh.

Selain berdasarkan pada jalur energi yang tersumbat, akupuntur juga berkonsep pada yin dan yang atau harus adanya keseimbangan dalam tubuh untuk mencapai tubuh yang sehat.

Akupuntur dipercaya dapat merangsang pelepasan endorfin yang merupakan hormon untuk menghilangkan rasa sakit. Selain itu, akupuntur dipercaya juga dapat mempengaruhi sistem saraf otonom dan pelepasan hormon yang bertugas mengatur aliran dan tekanan darah.

Namun, walaupun begitu banyak manfaat akupuntur yang sudah dirasakan, tetap saja terapi tradisional ini memiliki efek samping seperti pengobatan lainnya. Adapun efek sampingnya, yaitu :

a. Timbul rasa nyeri

Beberapa bagian tubuh yang distimulasi saat terapi umumnya akan mengalami sedikit rasa nyeri setelah melakukan terapi. Hal ini biasanya muncul pada area kaki, tangan atau perut. Selain itu, kedutan otot juga umum terjadi.

b. Kelelahan

Rasa lelah akan muncul setelah pasien melakukan terapi dan umumnya akan hilang setelah beberapa jam. Namun, bagi pasien yang pertama kali melakukan akupuntur, hal ini sangat umum terjadi.

c. Memar

Biasanya memar akan muncul pada bagian tubuh yang menjadi target akupuntur. Hal ini sangat umum terjadi dan disebabkan karena darah yang terkumpul di area tersebut. Memar akan muncul dan terasa lebih lama dari rasa sakit dan hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Manfaat Akupuntur

Selain efek samping, manfaat akupuntur juga banyak dirasakan oleh sebagian masyarakat yang sudah pernah melakukan terapi ini, seperti :
– Atasi penuaan
– Atasi obesitas
– Obati radang sendi
– Rehabilitasi setelah stroke
– Untuk kecantikan

Jadi, efek samping akupuntur memang bisa saja terjadi pada siapapun, namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Jika efek samping yang muncul dirasakan sangat lama, Anda bisa memeriksakannya pada dokter atau ahli akupuntur untuk diobati.