Efek Samping Lakukan Akupuntur Sendiri Di Rumah

Ternyata efek samping lakukan akupuntur juga pernah dirasakan oleh segelintir orang. Terapi akupuntur diklaim efektif untuk mengobati, namun terapi ini juga bisa menimbulkan efek samping yang merugikan.

Efek Samping Lakukan Akupuntur

Beberapa kasus pernah dipublish di internet bahwa beberapa orang pernah mendapatkan efek samping yang merugikan dari terapi akupuntur. Apakah hal ini membuktikan bahwa akupuntur tidak efektif untuk dicoba?

Jawabannya tentu saja tidak. Efek samping yang timbul dari akupuntur bisa terjadi karena kesalahan terapis atau oknum yang tidak bertanggung jawab. Walaupun akupuntur memiliki segudang manfaat, efek samping dari terapi ini juga bisa terjadi jika ada kesalahan kecil sekalipun.

Ada beberapa kasus seseorang yang mengalami infeksi karena jarum akupuntur yang tidak steril, atau karena terapis salah menusukkan jarum pada area tubuh.

- Advertisement -

Hal-hal tersebut bisa memicu efek samping yang ringan hingga serius. Oleh karena itu, lakukanlah terapi di klinik terpercaya dan ahli yang sudah profesional, dan jangan melakukannya sembarangan.

Di kala pandemi ini, sebagian masyarakat memilih terapi perawatan di rumah saja. Aneka ragam tips kecantikan sudah banyak beredar di media sosial. Namun, memimpikan ingin cantik, hal ini justru memicu masalah yang tidak diinginkan.

Seorang bintang reality show, yaitu Tilly Whitfeld mengalami kerusakan kulit yang parah akibat mengikuti tips kecantikan di salah satu media sosialnya. Wanita 21 tahun ini nekat melakukan tips kecantikan tersebut sendiri di rumah.

Tips kecantikan tersebut adalah melakukan terapi akupuntur di rumah. Namun naas, bukannya cantik yang didapat, wajah Tilly malah terluka dan memerah.

Ia juga sempat mengalami kebutaan sementara dan infeksi karena sembarangan melakukan terapi akupuntur di rumah. Dari masalah ini, sebaiknya akupuntur dilakukan oleh ahlinya saja dan jangan sembarangan menusuk di area tubuh manapun.

BACA JUGA  Obati Telinga Berdenging dengan Rangsangan Akupresur

Walaupun akupuntur bisa saja dilakukan di rumah, sebaiknya Anda memanggil ahlinya dan tidak melakukannya sendiri. Karena, akupuntur melibatkan jarum dalam terapinya.

Lain halnya dengan akupresur yang hanya mengandalkan kekuatan jari. Akan tetapi, butuh pemahaman yang pasti dan tidak asal melakukan terapi jika tidak ingin berakhir tragis.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...