Efektifkah Akupuntur Untuk Atasi Batu Ginjal ?

Efektifkah Akupuntur Untuk Atasi Batu Ginjal ? – Rasa sakit saat mencoba mengeluarkan batu ginjal (kalkulus) telah digambarkan oleh banyak orang sebagai rasa sakit yang paling menyiksa yang pernah mereka alami. Ini biasanya adalah batu kalsium oksalat tetapi mineral lain juga dapat menghasilkan batu. Ukuran batu ini bervariasi dari butiran kecil seperti pasir hingga 5mm (3/16 inci) dan bahkan lebih besar. Mereka terbentuk dari bahan limbah dalam urin yang tidak sepenuhnya larut dan perlahan-lahan menggumpal seiring waktu.

Efektifkah Akupuntur Untuk Atasi Batu Ginjal ?

Kalkulus dapat ditemukan di ginjal, ureter (tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih), vesika (kandung kemih) atau uretra (pembuluh yang dilalui urin setelah meninggalkan kandung kemih).

Tidak minum cukup air di siang hari, asupan magnesium yang buruk, terlalu banyak daging, ikan, ayam dan bir. Kemudian riwayat asam urat, dan obat-obatan tertentu dapat mendorong pembentukan batu oksalat.

Nyeri batu ginjal sering dimulai di punggung dan bisa turun ke paha. Nyeri di perut bagian bawah atau selangkangan dapat terjadi. Buang air kecil yang menyakitkan dapat terjadi akibat kalkulus uretra dan vesikalis.

- Advertisement -

Tujuan utama akupuntur dalam mengobati batu ginjal adalah untuk meningkatkan aliran energi di sepanjang meridian akupuntur yang terkena. Sehingga mendorong buang air kecil, menghilangkan strangury (menekan untuk menghasilkan bahkan volume kecil urin dalam “menggiring” spasmodik) dan untuk menyusut dan akhirnya memungkinkan batu untuk lulus.

  • Menambahkan stimulasi listrik ke jarum akupuntur dapat menciptakan getaran di sepanjang meridian, memungkinkan batu ginjal bekerja sendiri ke bawah ureter.
  • Jenis batu tertentu akan merespons tusukan jarum di telinga.
  • Pasien lanjut usia sering mengalami kondisi sulit yang membuat pendekatan Barat untuk mengobati batu ginjal mereka menjadi pilihan yang buruk.
BACA JUGA  Akupuntur Membantu Keberhasilan Promil, Bagaimana Cara Kerjanya?

Dr. Peter Sheng (ahli penyakit dalam, hematologi, dan spesialis perawatan kanker) telah menemukan dalam praktiknya bahwa “akupuntur adalah alternatif yang baik untuk peralatan dan teknologi pengobatan modern yang luar biasa, sumber stratfordacupuncture.com.

Terutama, bagi mereka yang awalnya tidak merespon dengan baik, mereka yang tidak mampu membayar prosedur ini dan terutama mereka yang memiliki masalah konstitusional, misalnya, untuk lansia dengan kelelahan yang signifikan yang mungkin bukan kandidat yang baik untuk prosedur barat.”

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...