Evi Masamba Alami Kontrak Kontraksi Hebat, Akupuntur Bisa Membantu Agar Lancar?

Pedangdut Evi Masamba kini tengah terbaring di rumah sakit dan harus menjalani rawat inap. Penyebabnya adalah karena ia mengalami kontraksi hebat, padahal belum jadwalnya melahirkan. Bagaimana terapi akupuntur dan herbal alami bisa membantu agar kontraksi lancar?

Sebelumnya, Evi Masamba menyampaikan lewat postingan di Instagram pribadinya, Kamis (29/2). Bersama foto kala ia terbaring di ranjang rumah sakit, Evi mengabarkan kondisinya tersebut.

Kontraksi yang terjadi pada ibu hamil bisa dilancarkan dengan cara alami dan akupuntur, apakah bisa? Kontraksi merupakan hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil saat akan melahirkan.

Terapi Akupuntur dan Obat Herbal Agar Kontraksi Lancar

Terkadang, ibu hamil yang sulit kontraksi menjadi merasa kesulitan saat akan melahirkan. Oleh karena itu, kondisi ini merupakan hal yang harus terjadi pada ibu hamil agar proses persalinannya lancar.

Rentang ibu hamil untuk melahirkan bervariasi, bisa saja 2 minggu sebelum maupun 2 minggu setelah tanggal yang sudah diperkirakan oleh dokter kandungan. Menurut penelitian tahun 2011, 50% dari 201 wanita telah mencoba berbagai metode alami untuk memulai persalinan.

Hal ini disebut juga menginduksi atau mempercepat proses kontraksi. Umumnya, layanan kesehatan akan menginduksi persalinan dengan menggunakan obat atau metode medis lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan cara alami untuk mempercepat kontraksi. Diantaranya adalah berhubungan seksual maupun melakukan terapi akupuntur.

Berhubungan suami istri merupakan cara alami untuk mencapai kontraksi yang biasa disarankan oleh bidan maupun dokter kandungan. Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter jika cara ini ingin dilakukan.

Selain itu, terapi akupuntur juga bisa digunakan untuk mempercepat kontraksi. Karena, akupuntur sudah dipercaya bisa mengatasi masalah ibu hamil dari mulai sebelum kehamilan, saat hamil hingga pasca melahirkan.

BACA JUGA  Cara Redakan Morning Sickness Dengan Akupresur

Namun, hal ini tentu saja tidak boleh langsung digunakan, perlu ada persetujuan ahli agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena, hanya ibu hamil dengan kondisi tertentulah yang bisa melakukan terapi akupuntur.

Selain itu, ada beberapa cara alami lain selain yang telah disebutkan di atas untuk mempercepat kontraksi pada ibu hamil, yaitu:

– Minyak jarak
Mengonsumsi minyak ini diklaim dapat mempercepat kontraksi karena minyak ini merupakan jenis obat pencahar yang kuat. Namun, perlu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter terkait penggunaan bahan alami ini.

– Stimulasi puting
Merangsang bagian puting dapat melepaskan oksitosin yang membantu Anda memulai persalinan. Namun, tetap saja perlu diteliti lebih lanjut untuk keefektifannya.

– Obat herbal
Jamu dan obat herbal lainnya bisa dikonsumsi untuk menginduksi persalinan. Namun, sebelum memakai cara ini, konsultasikan pada bidan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cara alami dan akupuntur untuk menginduksi persalinan bisa dicoba bagi ibu hamil yang menghadapi kesulitan untuk kontraksi. Selain itu, bimbingan dan konsultasi dari ahli juga diperlukan agar janin yang ada di dalam perut tetap aman. [EB]

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...