Fungsi bronkiolus tidak akan lepas dari sistem pernafasan manusia. Dalam organ tubuh, sistem pernafasan memang menjadi bagian yang sangat penting. Sebelum berbicara lebih lanjut, ketahui dahulu bagaimana bagian sistem pernafasan manusia. Ketika udara masuk ke hidung, nantinya akan menuju ke paru-paru setelah melewati saluran pernapasan atas.

DIDUKUNG OLEH:

Trakea, merupakan organ yang menjadi jalur udara masuk ke dalam tubuh. Terdapat percabangan berupa bronkus pada bagian ini yang berjumlah dua. Dari dua percabangan ini terdapat percabangan yang lebih kecil yang sering disebut dengan bronkiolus.

Fungsi Bronkiolus

Seperti yang sudah di bahas di atas, bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Organ tubuh inilah yang menjadi jalur masuknya udara ke paru-paru. Dengan adanya bronkiolus ini, udara akan lebih mudah menyebar ke seluruh bagian paru-paru. Bagi yang pernah belajar biologi mengenai sistem pernafasan manusia, pasti sudah tidak asing lagi. Udara yang masuk melalui bronkus, kemudian dialirkan lagi melalui bronkiolus hingga menuju ke alveolus.

Pada bagian alveolus ini, udara diolah nantinya udara kotor atau karbondioksida akan dibuang dan digantin dengan oksigen yang dihirup melalui hidung. Dengan penjelasan di atas, sudah jelas mengenai fungsi dari bronkiolus ini. Dalam sistem pernafasan manusia, memang melibatkan banyak bagian. Semuanya saling terhubung sehingga membuat manusianya bisa terus sehat dan terhindar dari penyakit pernapasan.

Penyakit Pernafasan Yang Berhubungan Dengan Bronkiolus

Ada berbagai penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia, salah satunya Bronkiolitis. Pada dasarnya, penyakit ini merupakan infeksi pada paru-paru yang menyebabkan peradangan pada bronkiolus. Penyakit ini ditandai dengan gejala sesak nafas, batuk, hidung berair, hidung tersumbat dan yang lainnya.

Jika menderita penyakit ini, seseorang akan diperiksa dengan X-ray dada, Viral testing ataupun tes darah. Untuk itu sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri jika mengalami gejala-gejala yang berhubungan dengan penyakit ini. Jika dibiarkan, sangat mengkhawatirkan karena ini berhubungan dengan pernapasan. Lakukan perawatan dirumah dengan menghidarkan pasien dengan asap rokok, memberikan obat penawar rasa sakit dari dokter atau yang lainnya.

BACA JUGA  Tips Mengatasi Tarif Iuran BPJS Kesehatan 2020 Mahal