Manfaat dan Fungsi Jarum Akupuntur untuk Kesehatan

Pengobatan alternatif akupuntur identik dengan pengobatan tradisional menggunakan jarum yang tajam dan tipis, fungsi jarum akupuntur sangat berpengaruh dalam pengobatan tradisional ini.

Lalu apa sajakah fungsi dari jarum akupuntur? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat dan Fungsi Tusuk Jarum Akupuntur

Khasiat dari pengobatan akupuntur ini awalnya tidak dikenal oleh banyak orang dan hanya sedikit yang mengetahuinya, namun seiring berjalannya waktu pengobatan ini telah dikenal luas oleh masyarakat dan lebih memilih pengobatan tradisional ini dibandingkan dengan ke rumah sakit.

Akupuntur biasanya dilakukan untuk meredakan nyeri dari berbagai penyakit, pasien yang sakit dan menjalani terapi akupuntur akan di tusuk jarum khusus di titik-titik bagian tubuh yang tepat. Efek dari jarum akupuntur ini secara medis terbukti dapat membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh berbagai macam penyakit.

Pengobatan tradisional yang berasal dari Cina ini biasanya menggunakan jarum dalam pengobatannya, jarum yang digunakan memiliki kriteria khusus yaitu jarum logam yang tipis, padat, tajam dan bisa menusuk kulit secara ringan.

Fungsi jarum akupuntur untuk tubuh diantaranya adalah:

1. Bisa Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Penyebaran jarum secara acak dan secara strategis efektif bisa meredakan rasa sakit kepala, dan di katakan bahwa sebuah kelompok yang menjalani pengobatan ini mengalami penurunan jumlah hari sakit kepala.

2. Membantu Mengobati Insomnia

Berdasarkan hasil penelitian Universitas Pengobatan Cina Beijing efek dari jarum akupuntur dapat mengurangi gejala insomnia dan sesi akupuntur ini tidak memiliki efek samping yang merugikan.

3. Melangsingkan Tubuh

Jarum akupuntur yang diletakkan di area tertentu bisa menurunkan berat badan, biasanya menargetkan bagian otak thalamus dan hypothalamus yang berperan dalam mengatur masalah lapar, haus dan sistem pencernaan.

BACA JUGA  Toko Alat Kesehatan Terdekat di Medan

Seorang ahli akupuntur mengatakan bahwa seseorang yang di tusuk jarum akupuntur akan mengalami pengurangan nafsu makan dan orang tersebut akan merasa mual jika memaksakan diri.

4. Meningkatkan Kesuburan

Tusuk jarum akupuntur disini bertujuan untuk meningkatkan vitalitas seksual wanita dan pria atau meningkatkan produksi sel telur dan sperma agar kualitasnya baik.

Fungsi jarum akupuntur sangat berperan sekali dalam mengobati penyakit seperti nyeri yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Pengobatan akupuntur juga harus dilakukan oleh seorang ahli dan dengan jarum khusus yang tidak menusuk kulit terlalu dalam, pengobatan ini bisa dijadikan pengobatan alternatif jika tidak ingin ke rumah sakit.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...