Gegara Cat Rambut Aktor Ini Derita Sakit Kepala, Akupresur Bisa Redakan

Gegara mewarnai rambut untuk syuting film Stuber, aktor laga Iko Uwais menderita sakit kepala. Ini adalah masalah kesehatan yang kerap diderita banyak orang. Untungnya, terapi akupresur bisa redakan sakit kepala, sebelum memutuskan konsumsi obat.

Iko Uwais mengatakan, pihak produser meminta agar warna rambutnya dibuat berbeda berbeda dari sebelumnya. “Untuk dapat warna itu di-bleacing sampai dua kali, baru diwarna,” ujar Iko Uwais di Jakarta, kemarin.

“Ternyata bleaching-nya agak keras bagi kepala saya. Sehari-dua hari migrain, rambut disentuh dikit sakitnya minta ampun,” sambungnya lagi.

Mengenal Manfaat Akupresur

Akupresur adalah terapi pijat sederhana yang memiliki teknik tersendiri dalam mengatasi penyakit. Akupresur cukup unik karena memiliki titik-titik tertentu seperti akupuntur yang tersebar di seluruh tubuh.

Akupresur terbukti ampuh menyembuhkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk sakit kepala. Titik akupresur adalah bagian-bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap tekanan.

Ketika titik refleksi ini disentuh atau dipijat, rangsangannya dapat membantu melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga bisa menimbulkan efek menenangkan dalam tubuh dan meringankan rasa sakit di kepala.

Dalam studi tersebut tertulis, pijatan di titik-titik akupresur yang tepat dapat mengurangi rasa sakit di kepala secara bertahap. Jika pada awalnya peserta mengalami sakit kepala tujuh kali seminggu, kekambuhan sakit kepalanya cenderung berkurang menjadi hanya dua kali seminggu.

Pada penelitian lain juga disebutkan, pasien sakit kepala tegang yang menerima pijatan selama 30 menit melaporkan gejalanya menghilang dalam waktu 24 jam. Selain itu, cara memijat yang tepat juga bisa menurunkan amarah dan ketegangan serta mengurangi depresi atau kecemasan, frekuensi dan intensitas nyeri, pusing, dan penggunaan obat sakit kepala.

7 Titik Akupresur Sembuhkan Sakit Kepala

Jika Anda ingin meredakan sakit kepala dengan pijatan, Anda harus melakukannya dengan benar. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala dengan pijat refleksi di titik-titik tertentu, seperti tangan, leher, atau bagian lainnya. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Union Valley

Union valley, atau disebut juga dengan teknik He Gu (LI4), adalah titik pijat refleksi atau akupresur yang letaknya berada di antara jempol dan jari telunjuk tangan Anda. Melakukan pijat di titik ini diyakini dapat meredakan rasa nyeri di bagian wajah dan sekitarnya, termasuk sakit kepala tegang, sakit gigi, dan sakit leher.

Caranya:
Jepit titik union valley di tangan kiri dengan jempol dan jari telunjuk kanan Anda. Tahan selama 5 menit. Namun, pastikan saat melakukannya, Anda tidak merasa kesakitan.

Pijat bagian tersebut dengan gerakan memutar ke kiri selama 4-5 detik. Lalu putar ke arah berlawanan selama 4-5 detik.

BACA JUGA  Biaya Pengobatan Akupuntur di Makassar Terbaru

Lakukan gerakan yang sama pada tangan kanan.

2. Drilling bamboo

Drilling bamboo atau bamboo gathering (B2 atau bright light) adalah titik akupresur yang terletak di sudut dalam kedua mata Anda, di pangkal hidung yang dekat dengan ujung alis. Titik pijat ini berhubungan dengan bagian depan kepala, karena itu cara ini sangat cocok untuk meredakan sakit kepala bagian depan, migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala karena sinusitis.

Penglihatan kabur, mata yang nyeri atau gatal, pusing, hingga pilek dan alergi pun bisa diredakan dengan teknik pijat refleksi ini.

Caranya:
Gunakan kedua ujung jari telunjuk Anda, lalu tekan kedua titik akupresur dengan kekuatan yang sama selama satu menit.

Lepaskan selama beberapa detik, lalu ulangi sampai sakit kepala Anda berkurang.
Jika Anda merasakan migrain pada satu sisi kepala Anda, berikan tekanan atau pijat di titik yang berada di sisi tersebut terlebih dahulu, baru melakukan pijat di sisi lainnya.

3. Feng Chi

Teknik Feng Chi (GB20) sering disebut juga sebagai gerbang kesadaran karena diyakini dapat mengatur sirkulasi otak. Melakukan pijatan di area Feng Chi dapat berguna untuk mengobati sakit kepala tegang dan migrain, serta gangguan penglihatan, vertigo, insomnia, kelelahan, gejala pilek dan flu, hingga tekanan mental.

Titik pijat sakit kepala Feng Chi terletak di bagian belakang kepala, di bawah dasar tengkorak, tepatnya di cekungan antara dua otot leher yang besar. Memijat titik ini bisa merangsang pelepasan endorfin, yaitu pereda nyeri alami tubuh.

Caranya:
Letakkan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan pada titik-titik akupresur ini.

Tekan dengan kuat selama 2-3 menit. Arahkan jari Anda menghadap ke atas, lalu lepaskan. Ulangi cara ini sampai sakit kepala Anda terasa lebih ringan.

4. Third eye
Titik third eye, atau dikenal juga dengan Yin Tang (GV 24,5), terletak di antara kedua alis, yaitu tempat bertemunya pangkal hidung dengan dahi. Melakukan teknik pijat di titik akupresur ini sangat cocok untuk Anda yang sering mengalami migrain atau sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer atau handphone.

Cara ini juga diyakini dapat meredakan stres, mengatasi depresi, kelelahan kronis, dan perubahan suasana hati, hingga meningkatkan kreativitas dan mempertajam intuisi.

Caranya:
Tekan titik akupresur ini dengan ibu jari dan telunjuk kanan Anda selama 1 menit. Lepaskan perlahan.

Lakukan secara berulang sampai area mata Anda terasa lebih nyaman dan sakit kepala berkurang.

BACA JUGA  Mengatasi Masalah BAB Pijat Bagian Ini

5. Shoulder well
Untuk menghilangkan sakit kepala dengan pijat, ini bukan berarti Anda hanya fokus pijat kepala di titik-titik di area kepala saja. Menekan dan memijat area bahu juga bisa membantu meringankan sakit kepala, lho!

Titik akupresur yang ada di bahu disebut dengan shoulder well atau Jian Jing (GB21). Titik shoulder well terletak di tengah antara ujung bahu dengan pangkal leher. Bukan cuma membantu meredakan sakit kepala dan migrain, cara memijat di area ini juga bisa mengurangi bahu dan leher yang kaku hingga masalah laktasi pada ibu menyusui. Namun, ibu hamil harus menghindari stimulasi di titik ini karena dapat memicu persalinan.

Caranya:
Gunakan jempol pada kedua tangan, lalu pijat dengan gerakan memutar pada titik ini selama 4-5 detik.

Kemudian lepaskan selama beberapa detik dan ulangi kembali dengan cara yang sama.

6. Bigger rushing
Selain pijatan di sekitar kepala, leher, dan bahu, titik pijat refleksi di kaki juga dapat jadi salah satu cara untuk mengobati sakit kepala. Salah satunya adalah bigger rushing atau disebut juga dengan great surge (LV3). Titik akupresur ini dapat Anda temukan di bagian atas kaki di cekungan tempat ibu jari bertemu dengan telunjuk kaki.

Teknik memijat di titik ini sering digunakan untuk mengobati perut kembung, mual, sembelit, penglihatan kabur dan menstruasi yang tidak teratur. Namun, sakit kepala, termasuk migrain, juga bisa diredakan dengan cara memijat bigger rushing.

Caranya:
Duduklah dalam posisi yang nyaman dan letakkan kaki kanan Anda di atas paha kiri Anda.
Tekan atau pijat dengan lembut ke titik akupresur selama dua menit, lalu ulangi cara ini pada kaki kiri Anda.

Lakukan pijatan tersebut tiga kali setiap hari untuk hasil terbaik atau setiap Anda mengalami migrain.

7. Above tears
Teknik pijat dengan titik akupresur di kaki lainnya yang dapat Anda coba untuk meredakan sakit kepala dan migrain, yaitu above tears atau disebut juga dengan Zu Lin Qi (GB41). Titik ini dapat Anda temukan di kaki bagian atas, sekitar 2-3 cm di atas jari kaki keempat dan kelima.

Caranya:
Pijat atau tekan titik akupresur pada salah satu kaki dengan kuat, tetapi lembut, dengan ibu jari Anda selama satu menit.
Kemudian lakukan hal yang sama pada kaki lainnya.

Demikian pembahasan mengenai manfaat Akupresur dan beberapa titik refleksi. Semoga sehat selalu! [AB]

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...