Migrain merupakan salah satu penyakit saraf yang terjadi pada bagian kepala. Penderita akan mengalami gangguan berupa nyeri pada kepala. Umumnya, kepala terasa berdenyut-denyut pada salah satu bagian berbeda dengan vertigo. Bahkan pada kondisi tertentu migrain yang menyerang bagian unilateral (satu sisi) terasa seperti ditekan benda berat.

DIDUKUNG OLEH:

Oleh karena itu, migrain sering dianalogikan dengan sakit kepala sebelah. Agar terhindar dari penyakit ini maka perlu mengetahui gejala dan penyebab migrain.

Apa saja sih gejala dan penyebab migrain? Jika sobat sehat sudah penasaran, maka langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Gejala Migrain

Dalam sebuah penelitian migrain lebih cenderung sering dialami oleh wanita. Biasanya dialami pada usia 25-55 tahun. Umumnya, migrain terjadi didahului oleh beberapa gejala, seperti:

  • Sering Menguap
  • Kelelahan
  • Lebih mudah merasa haus
  • Kelebihan emosional
  • Merasa cemas
  • Hyperosmia atau kondisi terlalu sensitif. Kondisi seperti ini dialami baik pada motorik maupun sensorik
  • Mood yang gampang berubah, misal dari senang ke sedih atau pun sebaliknya

Selain itu, migrain juga bisa diawali dengan gejala kurangnya nafsu makan. Bahkan di beberapa kasus bisa juga dibarengi dengan mual dan muntah.

Penyebab Migrain

Secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan migrain. Baik faktor pemicu maupun faktor genetis. Berikut adalah beberapa penyebab migrain:

  • Faktor Pemicu

Faktor pemicu merupakan faktor yang dapat menimbulkan atau memicu terjadi migrain. Seperti, minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein, makanan yang mengandung nitrat, MSG, memakan keju yang sudah lewat masa konsumsinya.

Selain dari makanan dan minuman, faktor pemicu juga bisa disebabkan oleh kondisi psikologis. Misalnya, cemas, kelelahan, depresi dan kurang tidur atau perubahan pada waktu tidur.

  • Faktor Genetis

Faktor genetis merupakan faktor bawaan. Faktor tersebut bisa berupa kondisi hormonal, seperti menstruasi dan ovaluasi. Kemudian bisa juga karena kondisi cedera pala kepala atau trauma kepala.

Itulah tadi gejala dan beberapa faktor yang menyebabkan migrain. Setelah mengenalinya maka ada baiknya untuk mencegah dan menghindarinya, salah satunya dengan cara makan makanan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua.