Kementerian Kesehatan Indonesia telah gelar Edu Health Fair, pameran pendidikan Poltekkes yang digelar di Mall Taman Anggrek, Jakarta pada hari Kamis tanggal 5 bulan November 2020.

Pameran ini diselenggarakan untuk memperkenalkan Poltekkes Kemenkes kepada masyarakat dan juga dunia industri. Pelaksanaan acara ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya.

Kemenkes Gelar Edu Health Fair 2020 Untuk Kenalkan Pada Masyarakat

Kemenkes dr. Maxi Rein Rondowunu, DHSM, MARS yang merupakan seorang Plt Kepala Badan PPSDM Kesehatan menjelaskan bahwa acara Edu Health Fair 2020 yang ketiga ini merupakan rangka kesiapan Poltekkes pada jasa kesehatan dan industri.

DIDUKUNG OLEH:

Jadi, nantinya industri akan menggunakan lulusan dari tenaga kesehatan ataupun produk inovasi kesehatan. Pelaksanaan tahun ini pun berbeda dengan tahun sebelumnya.

Di tahun ini, pelaksanaan acara Edu Health Fair berbeda dari yang sebelumnya. Acara yang dilangsungkan selama 2 hari ini di tahun 2020 memanfaatkan konsep hybrid event.

Konsep hybrid event adalah suatu acara yang mengkombinasikan pameran secara tatap muka dan secara online. Mengingat di tahun 2020 ini mulai mewabah covid-19, jadi seluruh kegiatan sebagian besar berbasis online dan mengurangi kerumunan atau seminar tatap muka langsung dengan jumlah orang yang besar.

Selain untuk memperkenalkan poltekkes, acara ini juga bermaksud untuk memperkenalkan inovasi yang dihasilkan mahasiswa di bidang kesehatan. Poltekkes kemenkes juga memiliki program studi langka.

Program studi tersebut banyak dibutuhkan di industri dan jasa kesehatan, contohnya fisioterapi, teknik elektro magnetik, terapis bicara, refraksi optisi, akupuntur dan ortotik prostetik.

Kepala badan PPSDM, Maxi juga mengatakan Poltekkes Kemenkes ini akan ditingkatkan menjadi institut sesuai dengan instruksi dari pak Menteri Kesehatan Indonesia.

Poltekkes Kemenkes juga menghasilkan banyak inovasi. Rata-rata setiap tahun akan menghasilkan penelitian antara 25 sampai 100 judul penelitian. Beberapa dari inovasi tersebut juga sebuah produk inovatif dengan terapan teknologi.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur Untuk Penyakit Stroke

Dari acara yang diselenggarakan di Jakarta ini, menggambarkan bahwa walaupun covid-19 sedang merajalela, Poltekkes Kemenkes tetap produktif dan bisa mengembangkan berbagai macam inovasi untuk menuju sistem pendidikan di era digital.

Oleh karena itu, acara ini diselenggarakan untuk memperkenalkan kelebihan dari Poltekkes Kemenkes dan juga kemampuannya untuk menghasilkan inovasi baru yang membantu dikala pandemi ini.