Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Akupuntur

Sebelum melakukan terapi akupuntur, ada hal penting yang harus diketahui sebelum melakukan terapi akupuntur. Benarkah akupuntur akan terasa sakit untuk pasien yang baru pertama kali melakukannya?

Hal Penting Yang Harus Diketahui Dari Akupuntur

Banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan terapi akupuntur karena keefektifannya yang sangat besar di dunia kesehatan. Bahkan, terapi ini juga telah diakui oleh WHO.

Terapi akupuntur diklaim efektif untuk meredakan nyeri kronis, penyakit jantung, penyembuhan pasien pasca stroke, membantu program hamil dan bahkan bisa menjadi terapi kecantikan.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari akupuntur, sehingga terapi ini banyak diminati. Karena, selain lebih murah, terapi ini juga diklaim aman dan minim efek samping.

- Advertisement -

Lalu, jika kita ingin mencoba terapi akupuntur untuk pertama kalinya, apakah itu akan terasa sakit? Atau akan muncul efek samping lain yang bisa merugikan pasien?

Bagi Anda yang tertarik melakukan terapi akupuntur, sebelum ke ahlinya, alangkah lebih baik untuk memperhatikan hal penting di bawah ini terlebih dahulu, yaitu:

– Jangan mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu
– Menghindari konsumsi kafein
– Jujur
– Merasakan khasiatnya

Sebelum melakukan terapi akupuntur, jangan mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu karena efek dari terapi tidak akan maksimal jika perut terisi makanan dan sedang mencerna makanan.

Menghindari konsumsi kafein juga penting dilakukan, karena saat terapi, tanpa kafein tubuh akan merasa lebih rileks dan mencegah tubuh agar tidak tegang saat diterapi.

Sebelum melakukan terapi, Anda perlu mengkonsultasikan diri dulu pada ahlinya. Keluarkan semua keluhan Anda agar terapis bisa menyembuhkan keluhan Anda dengan maksimal.

Sebelum terapi, pasti diri kita akan terasa takut dengan jarum yang akan ditusukkan pada area tertentu di tubuh. Akan tetapi, hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena akupuntur aman.

BACA JUGA  Mendongkrak Daya Tahan Tubuh Dengan Meniran

Jarum yang digunakan adalah jarum khusus setipis mungkin dan tidak melukai kulit. Jika timbul ruam kemerahan atau bengkak di area yang ditusuk jarum, hal itu bersifat sementara dan wajar.

Jadi, sebelum terapi, pilihlah akupunturis yang profesional dan memang ahli dalam bidangnya. Jangan melakukan terapi sembarangan karena bisa menimbulkan efek samping.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...