Masalah hidung tersumbat atau hidung mampet bisa dialami oleh siapa saja, dan kondisi tersebut memungkinkan seseorang menjadi tidak nyaman karena tidak bisa bernafas dengan leluasa.

DIDUKUNG OLEH:

Terapi pijat untuk hidung tersumbat atau hidung mampet bisa dijadikan sebagai salah satu pengobatan yang bisa mengatasi keadaan tersebut. Memijat pada bagian-bagian tertentu bisa mengatasi masalah hidung ini. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi hidung mampet dengan melakukan pijatan?

Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat terjadi karena adanya lapisan saluran pada hidung yang mengalami pembengkakan sehingga sistem pernapasan menjadi terganggu. Pembengkakan tersebut biasanya terjadi karena adanya iritasi dan peradangan pad hidung akibat dari kondisi seperti:

Flu
– Polip hidung
– Dinding pemisah hidung mengalami pergeseran (Deviasi septum)
– Infeksi sinus
– Alergi
– Peradangan pada pembuluh darah organ hidung (Sindrom Churg-Strauss)
– Melambatnya aliran darah ke organ tertentu (Granulomatosis Wegener)
– Asma
– Udara yang kering
– Merokok
– Penyakit tiroid
– Benda asing di dalam hidung
– Stres
– Pembengkakan kelenjar adenoid

Titik Akupresur Hidung Tersumbat

Sebelum melakukan pijatan, sebaiknya pahami dulu titik pijat untuk mengatasi hidung tersumbat. Titik pijat tersebut ialah :

a. Di bagian tengah kedua alis
b. Bagian hidung samping dari atas sampai bawah hidung

Titik-titik akupresur tersebut bisa untuk mengatasi hidung yang mampet. Setelah itu, lakukan pijatan pada setiap titik akupresur selama minimal 1 menit dengan tekanan sedang.

Saat melakukan pijatan untuk mengatasi masalah hidung ini, usahakan jangan memijatnya dengan terlalu keras karena akan memberikan efek sakit nantinya. Lalu, setelah melakukan terapi pijat ini, minumlah segelas air hangat agar sumbatan pada hidung hilang dan bernafas menjadi leluasa.

Bolehkah Dilakukan Pada Anak-anak?

Terapi ini bisa dilakukan kapan saja saat waktu luang dan tidak hanya orang dewasa, anak-anak yang mengalami hidung mampet juga bisa melakukan terapi ini agar masalah tersebut bisa diatasi.

Jadi, jika Anda mengalami hidung yang mampet, terapi pijat untuk hidung yang mampet ini bisa dijadikan cara pengobatan lain yang aman dan bisa dilakukan kapan saja. Jangan lupa untuk melakukannya dengan mengetahui titik pijat mana sajakah yang ada di tubuh untuk mengatasi hal ini.