Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah pandemi.

Banyak analis dan pakar mengatakan China tidak mungkin memulai pelonggaran yang signifikan dari pendekatan COVID-19 sebelumnya, yang menekan ekonomi dan memicu frustrasi yang meluas.

Dilansir dari laman Reuters.com, China melaporkan 10.729 infeksi COVID-19 baru pada Kamis (10/11/2022), di mana 1.209 bergejala dan 9.520 tidak bergejala.

Lonjakan nasional, yang masih kecil menurut standar global dan untuk negara berpenduduk 1,4 miliar orang, telah mendorong kepemimpinan puncak China untuk menegaskan kembali strategi tanpa toleransi terhadap virus, sebuah kebijakan yang dikatakan Presiden Xi Jinping untuk menyelamatkan nyawa, terutama di kalangan lansia China.

- Advertisement -

Kota Guangzhou selatan, pusat penyebaran Covid-19 China saat ini, melaporkan 2.824 kasus lokal baru pada Kamis (10/11/2022), hari keempat di mana infeksi melebihi 2.000.

Yang mendorong infeksi adalah kasus-kasus di distrik terpadat Haizhu, yang pada hari Jumat menyatakan lockdown ketat hingga Minggu setelah berhari-hari memperluas pembatasan.

“Semua warga diharuskan tinggal di rumah,” kata pemerintah setempat dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman Reuters.com.

“Hanya satu orang di setiap rumah tangga yang diperbolehkan membeli kebutuhan sehari-hari dengan jadwal yang tidak menentu,” imbuhnya.

Semua angkutan umum di distrik berpenduduk 1,8 juta orang itu juga ditangguhkan, dan tes PCR wajib akan diberikan kepada setiap rumah tangga dan setiap individu.

Terkait hal tersebut, China tidak akan melonggarkan langkah-langkah COVID-nya, tetapi akan terus meningkatkannya sesuai dengan situasi pandemi yang berubah dan mutasi virus.

Kota-kota besar lainnya seperti Beijing, Zhengzhou dan Chongqing telah memperketat penguncian minggu ini karena kasus harian mencapai level tertinggi sepanjang masa.

BACA JUGA  Tengah Trending Gegara Nyaris Disantap Presiden Jokowi, Apa Bahaya Formalin dalam Makanan?

Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan tengah, melaporkan 2.988 kasus lokal baru, lebih dari dua kali lipat dari hari sebelumnya, dalam wabah yang meluas yang telah membuat pabrik perakitan iPhone lokal dari pemasok Apple Foxconn ke dalam kekacauan dalam beberapa pekan terakhir.

Di kota metropolitan barat daya Chongqing, kasus lokal tetap dalam tiga digit sepanjang minggu, dengan tertinggi baru 783 infeksi.

Beberapa distrik Chongqing pada hari Jumat melarang makan di restoran dan menangguhkan kelas offline di sekolah. Beberapa stasiun kereta bawah tanah juga ditutup.

Beijing melaporkan 118 kasus lokal baru untuk 10 November, rekor harian tetapi masih rendah dibandingkan dengan kota-kota China lainnya. [kg]

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...