Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah pandemi.

Banyak analis dan pakar mengatakan China tidak mungkin memulai pelonggaran yang signifikan dari pendekatan COVID-19 sebelumnya, yang menekan ekonomi dan memicu frustrasi yang meluas.

Dilansir dari laman Reuters.com, China melaporkan 10.729 infeksi COVID-19 baru pada Kamis (10/11/2022), di mana 1.209 bergejala dan 9.520 tidak bergejala.

Lonjakan nasional, yang masih kecil menurut standar global dan untuk negara berpenduduk 1,4 miliar orang, telah mendorong kepemimpinan puncak China untuk menegaskan kembali strategi tanpa toleransi terhadap virus, sebuah kebijakan yang dikatakan Presiden Xi Jinping untuk menyelamatkan nyawa, terutama di kalangan lansia China.

Kota Guangzhou selatan, pusat penyebaran Covid-19 China saat ini, melaporkan 2.824 kasus lokal baru pada Kamis (10/11/2022), hari keempat di mana infeksi melebihi 2.000.

Yang mendorong infeksi adalah kasus-kasus di distrik terpadat Haizhu, yang pada hari Jumat menyatakan lockdown ketat hingga Minggu setelah berhari-hari memperluas pembatasan.

“Semua warga diharuskan tinggal di rumah,” kata pemerintah setempat dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman Reuters.com.

“Hanya satu orang di setiap rumah tangga yang diperbolehkan membeli kebutuhan sehari-hari dengan jadwal yang tidak menentu,” imbuhnya.

Semua angkutan umum di distrik berpenduduk 1,8 juta orang itu juga ditangguhkan, dan tes PCR wajib akan diberikan kepada setiap rumah tangga dan setiap individu.

Terkait hal tersebut, China tidak akan melonggarkan langkah-langkah COVID-nya, tetapi akan terus meningkatkannya sesuai dengan situasi pandemi yang berubah dan mutasi virus.

Kota-kota besar lainnya seperti Beijing, Zhengzhou dan Chongqing telah memperketat penguncian minggu ini karena kasus harian mencapai level tertinggi sepanjang masa.

BACA JUGA  Gegara Cat Rambut Aktor Ini Derita Sakit Kepala, Akupresur Bisa Redakan

Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan tengah, melaporkan 2.988 kasus lokal baru, lebih dari dua kali lipat dari hari sebelumnya, dalam wabah yang meluas yang telah membuat pabrik perakitan iPhone lokal dari pemasok Apple Foxconn ke dalam kekacauan dalam beberapa pekan terakhir.

Di kota metropolitan barat daya Chongqing, kasus lokal tetap dalam tiga digit sepanjang minggu, dengan tertinggi baru 783 infeksi.

Beberapa distrik Chongqing pada hari Jumat melarang makan di restoran dan menangguhkan kelas offline di sekolah. Beberapa stasiun kereta bawah tanah juga ditutup.

Beijing melaporkan 118 kasus lokal baru untuk 10 November, rekor harian tetapi masih rendah dibandingkan dengan kota-kota China lainnya. [kg]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Opium Sebagai Obat Tradisional yang Efektif

Dalam sejarahnya, masyarakat di seluruh dunia telah secara sengaja...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia. Sejak dahulu, rempah-rempah memiliki manfaat yang sangat banyak. Mulai dari penyedap masakan hingga obat berbagai...