Hubungan Antara Zodiak dan Kepribadian Seseorang

Percayakah Anda bahwa kepribadian seseorang dapat dilihat menurut zodiak mereka? Lantas, apakah sudah ada informasi yang membuktikan bahwa bulan lahir benar-benar berkaitan dengan kepribadian? Berikut ulasannya.

Astrologi merupakan sebuah ilmu yang menghubungkan gerakan benda di langit, seperti matahari, bulan, dan bumi dengan tanggal dan bulan kelahiran seseorang. Pembagian periode tanggal dan bulan kelahiran disebut dengan zodiak.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, tanggal dan bulan lahir Anda dapat memengaruhi sifat-sifat kepribadian Anda, seperti introvert dan extrovert.

Di dalam penelitian tersebut dilakukan sebuah pengamatan terhadap 300 publik figur dari berbagai bidang, seperti politik, sains, sastra, dan seni. Para peneliti mencoba menghubungkan astrologi barat tradisional, yaitu elemen air, bumi, udara, dan api dengan bulan-bulan masehi.

Dari sinilah peneliti mengelompokkan orang-orang yang lahir pada bulan tertentu dengan elemen yang sudah disebutkan tadi. Contohnya, para selebriti yang lahir pada bulan Desember hingga awal Maret dikategorikan sebagai bulan-bulan “basah” atau terhubung dengan elemen air.

Biasanya, orang yang lahir pada bulan tersebut masuk dalam kategori kreatif. Di sisi lain, mereka juga dianggap sebagai orang yang keras kepala atau persisten karena kreativitasnya.

Akan tetapi, temuan ini tidak dapat dijadikan acuan bahwa setiap orang yang lahir pada bulan-bulan tersebut memiliki sifat yang sama.

Supaya Anda benar-benar paham mengapa kepribadian seseorang sering dihubungkan menurut zodiak mereka, mari ketahui dulu apa yang sudah dilakukan oleh para peneliti.

Selama beberapa dekade, para astronom telah meneliti matahari dan rasi bintang, namun belum diketahui dengan pasti perihal teori pergerakan bumi dan gravitasi bulan. Pergerakan bumi itu menyebabkan lokasi rasi bintang (zodiak) berubah seiring waktu.

BACA JUGA  Pengobatan Tradisional Cina untuk Penyakit Tiroid

Posisi astrologi saat ini bisa jadi berbeda dengan astrologi zaman kuno. Seorang astrolog, Pedro Bagaranca, menyatakan bahwa perubahan tersebut membuat rasi bintang tidak lagi sesuai dengan tanggal lahir Anda.

Misalnya, belakangan ini Anda menyadari bahwa Anda adalah seorang Aries. Akan tetapi, jika diperiksa ulang posisi rasi bintang Anda, mungkin saja sebenarnya Anda adalah Taurus.

Kedua kemungkinan tersebut bertolak belakang dengan kepribadian antara zodiak Aries dan Taurus. Seorang Taurus diyakini sebagai pemberani dan energetik, sedangkan Aries lebih kepada penyabar dan romantis.

Faktor yang memengaruhi kepribadian seseorang

Bulan dan tahun lahir seseorang memang tidak dapat dijadikan sumber yang benar-benar valid untuk mengetahui kepribadian seseorang. Oleh karena itu, Anda tidak dapat menerka kepribadian seseorang menurut zodiak mereka.

Hal tersebut dikarenakan terdapat berbagai faktor yang mendukung perkembangan sifat mereka. Menurut American Psychological Association, kepribadian manusia berkembang akibat kebutuhan tertentu, seperti memprediksi masa depan dan kepribadian untuk masa kini.

Misalnya, seorang balita akan mempelajari perilaku dan membentuk kepribadiannya dari orangtua. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, orang yang dikenal, dan perpindahan lingkungan akan mengajarkan mereka banyak hal lain.

Hal tersebut dapat memengaruhi kepribadian mereka, sehingga tidak jarang orang yang mungkin dulunya penyabar dapat berubah menjadi orang yang tidak sabaran akibat lingkungannya. Itu sebabnya, Anda tak bisa memastikan kepribadian seseorang menurut zodiak yang dimiliki.

Walaupun ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa kepribadian seseorang bisa dilihat menurut zodiak, belum ada bukti secara ilmiah yang menyatakan hal tersebut secara gamblang.

TERBARU

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Mendalami Sejarah Herbal Ginseng, Hingga Manfaatnya Terutama bagi Kecantikan

Ginseng adalah tumbuhan yang memiliki sejarah panjang di kawasan...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk nyeri punggung. Namun, sampai saat ini, para...