Ibu Artis Derita Cedera Lutut, Begini Cara Terapi Akupuntur

Pada momen libur Lebaran kemarin, Catherine Wilson tak mudik sebab merawat ibunya yang tengah cedera lutut. Ketika mengalami nyeri akibat cedera lutut, tentu terasa sulit untuk berjalan seperti biasa. Akupuntur adalah cara tradisional yang efektif redakan cedera lutut.

Keket memutuskan merayakan Idul Fitri 2022 di Jakarta bersama ibunda tercinta, Rosita Hadad. “Tahun ini Lebaran di Jakarta, karena mama lagi sakit lututnya setelah sempat jatuh,” kata Catherine Wilson ketika ditemui di Jakarta, belum lama ini.

“Mama butuh pengobatan karena sudah tua, masih suka ngilu, aku sampai kasihan,” lanjutnya.

Terapi Akupuntur pada Cedera Lutut

Cedera lutut terasa menyiksa ketika harus menaiki dan menuruni tangga. Belum lagi, rasa sakitnya seringkali muncul dan membuat kita terbangun di malam hari.

Osteoartritis (OA) atau radang sendi adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri lutut kronis. Ini menyebabkan rasa sakit, radang dan kekakuan, sehingga sulit melenturkan dan membentangkan lutut.

Di banyak negara, dokter berusaha menghindari resep obat, terutama opioid, untuk nyeri kronis.Penelitian menunjukkan, akupuntur menjadi cara efektif untuk mengobati rasa sakit dengan risiko sangat kecil bagi penderita. Faktanya, akupuntur adalah salah satu perawatan yang direkomendasikan untuk nyeri lutut akibat osteoartritis dalam pedoman nasional para dokter.

Akupuntur adalah cabang pengobatan Cina tradisional, dengan sejarah dan garis keturunan yang kaya sejak ribuan tahun lalu.

Pengobatan ini dilakukan dengan cara memasukkan jarum setipis rambut ke dalam tubuh untuk meningkatkan efek penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi.

Pasien dengan artritis lutut memberikan respons baik terhadap akupuntur elektrik. Pada radang sendi lutut ringan atau sedang, dalam beberapa kali sesi akupuntur menunjukkan hasil yang baik.

BACA JUGA  Titik Akupresur Untuk Mengatasi Cegukan yang Aman

Namun saat radang sendi lebih parah, akupuntur yang berkelanjutan diperlukan. Akupuntur juga dapat dikombinasikan dengan perawatan konvensional seperti obat anti-inflamasi non-steroid, terapi fisik atau suntikan.

Selain itu, akupuntur menghilangkan rasa sakit dalam waktu singkat sampai operasi lutut dilakukan.

Berbagai studi klinis mendukung kemampuan akupuntur untuk meredakan nyeri osteoartritis, terutama di lutut. Selain efek anti-inflamasi, penelitian menunjukkan, akupuntur melepaskan endorfin opioid endogen-bahan kimia penghilang rasa sakit alami tubuh.

Jangan biarkan artritis atau nyeri lutut membuat kita terus menerus kesakitan, sehingga membatasi kemampuan kita untuk berfungsi dan menikmati hidup.

Akupuntur adalah pilihan terbaik untuk mengurangi rasa sakit, radang dan kekakuan, serta menambah rentang gerak di lutut.

Hal itu dapat meningkatkan kualitas hidup, yang berarti kita dapat berpartisipasi lebih baik dalam kegiatan sehari-hari. [EB]

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...