Ingin Menjajal Pengobatan Alternatif, Berikut yang Paling Banyak Dikenali

Pengobatan alternatif adalah bentuk pelayanan kesehatan yang menggunakan cara, alat, atau bahan yang tidak termasuk dalam standar pengobatan medis. Dalam artikel ini kita akan menelusur sejumlah pengobatan alternatif yang sudah jamak dikenali.

Bentuk pelayanan kesehatan ini biasanya disebut sebagai complementary and alternative medicines (CAMs) atau pengobatan pelengkap dan alternatif.

Situs National Health Service mengutip pernyataan US National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) perbedaan pengobatan alternatif dan pengobatan pelengkap.

Di mana, Complementary medicine atau pengobatan pelengkap adalah ketika Anda melakukan pengobatan ini bersama dengan pengobatan konvensional. Sementara Alternative medicine atau pengobatan alternatif adalah ketika Anda melakukan pengobatan ini sebagai pengganti pengobatan konvensional.

9 Pengobatan Alternatif yang Paling Banyak Dikenali

1. Akupuntur

Sebuah prosedur untuk menstimulasi titik spesifik di tubuh. Akupunktur di zaman modern tak hanya ditusuk aja, melainkan juga dialiri listrik. Walaupun populer, teknik ini cukup kontroversial.

Tanpa adanya teknik yang benar, dapat menyebabkan gangguan pada tubuh. Beberapa studi menunjukkan akupunktur dapat mengurangi rasa sakit dan depresi, namun buktinya masih diperdebatkan.

2. Akupresur

Teknik ini mirip dengan akupunktur. Yang menjadi perbedaan adalah teknik ini tidak menggunakan jarum sebagai alat, melainkan hanya menggunakan tangan.

Sang praktisi akan mencoba menekan titik penting di tubuh yang membawa energi kehidupan atau chi. Tujuan adalah agar chi yang terhambat tersebut bisa kembali lancar dan memulihkan tubuh.

3. Chiropractic

Chiropractic sudah dikenal masyarakat umum zaman sekarang dan lebih bisa dipercaya ketimbang pengobatan alternatif lainnya. Praktek ini difokuskan pada pembenaran tulang punggung sehingga sistem saraf tidak terhambat.

Lewat video-video di YouTube, praktik pengobatan ini terbukti mampu menyembuhkan rasa sakit di punggung hingga sendi-sendi tubuh yang lain. Prosedur paling umum dinamakan manipulasi tulang belakang.

BACA JUGA  Memijat Area Ini Untuk Meredakan Dispnea

4. Pengobatan Ayurvedic

Atau memiliki nama lain Ayurveda. Pengobatan ini datang dari India dan telah digunakan ribuan tahun. Ayurveda menggunakan berbagai teknik, seperti herba, pijat, dan diet khusus. Pengobatan Ayurvedic digunakan untuk menyeimbangkan kembali tubuh, pikiran dan spiritual.

5. Balneotherapy

Juga bisa disebut hydrotherapy. Balneotherapy menggunakan medium air untuk terapi dengan konsep bahwa air menyehatkan kulit dan memungkinkan penyembuhan untuk rasa sakit, kecemasan dan pembengkakan.

Penggunaan materialnya bisa mulai dari lumpur serta air biasa. Layaknya pengobatan alternatif lainnya, belum ada yang benar-benar bisa membuktikan terapi ini baik bagi tubuh, namun dipercaya balneotherapy dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Aromaterapi

Aromaterapi menggunakan minyak esensial yang diekstrak dari akar, daun, biji, hingga bunga suatu tumbuhan untuk proses penyembuhan.

Minyak ini dapat dihirup, dipijatkan, ataupun dioleskan ke mulut. Tiap teknik memiliki tujuan tersendiri: ada yang digunakan untuk peradangan dan infeksi, lainnya hanya untuk relaksasi.

7. Pijat refleksi

Banyak ditawarkan oleh orang-orang. Pengobatan ini mencoba menekan titik-titik tubuh yang terletak di kaki, kepala hingga telinga.

Secara teori, menekan titik-titik tersebut memberikan dampak positif respons terhadap organ dalam serta saraf yang berbeda. Pengobatan ini dapat dilakukan secara sendirian maupun dibantu oleh sang praktisi.

8. Naturophaty

Naturophaty percaya bahwa penyembuhan dapat datang secara alami dari alam. Para dokter yang menggunakan praktik ini mempelajari baik pengobatan konvensional maupun alternatif dan mencoba memahami apa yang menjadi penyebab gangguan atau penyakit melalui mental, fisik dan kondisi spiritual sang pasien.

Pengobatannya mencampurkan berbagai teknik, mulai memperhatikan nutrisi, perubahan kebiasaan, obat-obatan herbal, hingga akupuntur. Sangat susah untuk menilai teknik manakah yang efektif karena campur-campur tersebut.

BACA JUGA  Efek Samping Terapi Jarum Klasik yang Merugikan

9. Reiki

Reiki adalah bentuk energi penyembuhan yang hadir di seluruh tubuh. Di terapi ini, sang praktisi akan men”transfer” energi ke pasien dengan meletakkan tangannya ke tubuh sang pasien atau paling tidak sedikit jauh dari tubuh. Tujuan dari terapi ini adalah untuk relaksasi, mempercepat pemulihan, mengurangi rasa sakit, dan lain-lainnya.

Meski tak terbukti secara medis, pengobatan alternatif ini tetap memiliki manfaat yang bisa Anda ambil, seperti:

  • membantu meringankan efek samping akibat pengobatan konvensional,
  • memberikan kenyamanan dan menurunkan kekhawatiran tentang kondisi kesehatan Anda, dan
  • merasa bahwa Anda telah berusaha keras melawan penyakit.
  • Manfaat pengobatan alternatif bisa terasa jika Anda melakukannya secara rutin dalam jangka panjang. [AB]

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...