Ini 6 Obat Batuk Alami untuk Sembuhkan Sakit Batuk Anak

Himbauan yang melarang konsumsi Paracetamol cair untuk anak, memicu kekhawatiran banyak pihak terutama kalangan orang tua. Berikut ini dipaparkan sejumlah obat alami yang efektif untuk menyembuhkan sakit batuk, termasuk bagi anak. Bahkan penyembuhan herbal ini mudah didapati di sekitar kita

Obat batuk alami untuk anak bisa jadi pilihan pertolongan pertama. Batuk yang dialami oleh anak tentunya dapat mengganggu aktivitasnya. Hal ini juga membuat orang tua khawatir ketika batuk anak tidak kunjung mereda.

Obat batuk alami sangat jarang dikonsumsi oleh anak, karena selama ini orag tua memberikan Paracetamol cair.

Kini pemerintah menduga bahwa obat sirop cair mengandung Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) yang disebut-sebut menyebabkan penyakit gangguan gagal ginjal akut.

1. Jahe

Obat batuk alami untuk anak yang pertama adalah jahe. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi.

Untuk membuat anak lebih menyukainya, kamu bisa mencampurkannya dengan madu, agar bau dan rasanya lebih disukai anak-anak.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat batuk alami, kamu bisa mencoba menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas dan tunggu beberapa menit.

Setelah hangat, kamu bisa meminumkan jahe tersebut sebagai obat batuk alami untuk anak. Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mual yang dirasakan saat terkena flu.

2. Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terbuat dari campuran 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, dan perasan air lemon.

Kandungan anti mikroba pada madu dapat membantu melawan virus penyebab flu.

Selain itu, rasa manis dari madu membantu produksi saliva yang bisa mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan. Namun, hal ini tidak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 1 tahun.

BACA JUGA  Akupuntur Mata Untuk Atasi Masalah Penglihatan

3. Nanas

Mengonsumsi buah nanas juga bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan bromelain yang terdapat pada buah nanas mampu meredakan batuk dan juga mengencerkan lendir di tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat nanas ini, anak bisa mengonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Balsam khusus Anak

Oleskan balsam ke dada sang buah hati. Disarankan metode ini digunakan untuk anak-anak yang berusia lebih tua dari 2 tahun.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pemberian obat gosok (balsam) dapat sedikit mengurangi batuk hingga rasa sesak yang sering dialami anak-anak di malam hari.

5. Air garam

Selain dapat meredakan sakit tenggorokan dan sakit gigi. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengencerkan lendir yang kental. Selain itu, air garam berkhasiat dalam membersihkan alergen dan bakteri.

Cara pengobatannya adalah dengan melarutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu minta anak Anda untuk berkumur dengan air garam tersebut, lalu ludahkan.

6. Kencur

Mengonsumsi air rebusan kencur menjadi cara alamai untuk mengobati batuk. Kupas kencur, iris, dan rebuslah sekitar 2 sampai 3 siung kencur dan minum sarinya.

Lakukan cara ini satu sampai dua kali sehari. Rasanya mungkin sedikit aneh, tetapi cara ini dipercaya ampuh untuk menyembuhkan batuk dengan cepat. Untuk menambah rasa kencur, Anda bisa menambahkan madu atau lemon, agar menambah selera anak untuk minum air kencur.

Demikian beberapa penyembuhan alami untuk batuk anak bisa meredakan kondisinya, sehingga orang tua pun setidaknya sedikit lebih lega. Cara alami mengatasi batuk pada anak dapat disiapkan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami tersebut. [AB]

BACA JUGA  Akupuntur Untuk Meredakan Nyeri Saraf Wajah

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...