Ini 7 Obat Herbal Alami Atasi Nyeri pada Gigi

Sakit gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun kadang, ada saja hambatan untuk berkunjung ke dokter gigi, sehingga nyeri dibiarkan begitu saja. Jika belum yakin memeriksa ke klinik, mengapa tidak mencoba tips obat herbal untuk meredakan nyeri pada gigi.

Apabila sakit gigi tidak diobati, bisa terjadi komplikasi yang lebih serius seperti infeksi. Bagi yang belum sempat memeriksakan kondisi yang dialami, bisa mencoba bahan-bahan herbal untuk meredakan nyeri pada gigi. Bagaimana cara menggunakannya?

1. Bawang putih

Bawang putih sudah banyak digunakan untuk pengobatan sejak dulu. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memberikan sifat antibakteri yang kuat.

Caranya, tumbuk satu siung bawang putih yang masih segar, kemudian tambahkan sedikit garam. Oleskan ke bagian gigi yang sakit.

2. Teh peppermint

Peppermint memberikan efek mati rasa yang bisa meredakan sakit gigi. Kandungan mentol dalam peppermint juga dikenal sebagai agen antibakteri.

Masukkan satu sendok teh daun peppermint kering ke dalam secangkir air mendidih dan rendam selama 20 menit. Kita dapat berkumur menggunakan larutan tersebut atau menelannya.

Cara lainnya yaitu menempelkan kantong teh basah yang sedikit hangat pada gigi selama beberapa menit sampai rasa sakitnya berkurang.

Menuangkan beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas lalu dioleskan ke gigi yang sakit juga bisa membantu meredakan nyeri sementara.

3. Willow bark

Willow bark adalah bahan herbal yang berasal dari ekstrak kulit pohon willow atau dedalu. Obat herbal ini juga digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan bengkak selama berabad-abad lalu.

Senyawa pereda rasa sakit yang ditemukan dalam aspirin dan kulit pohon willow sangatlah mirip.

Kita dapat membeli kulit pohon willow kering dan menyeduhnya dalam bentuk teh. Minuman ini membantu meredakan rasa sakit dan demam yang terkait infeksi gigi.

BACA JUGA  Apakah Akupuntur Efektif Mengatasi Penyakit Kanker?

4. Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat dimantaafkan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka kecil. Tidak hanya itu, gel lidah buaya pun bisa membantu membersihkan dan menenangkan gusi.

Studi menunjukkan, lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami dan dapat membunuh kuman yang menyebabkan kerusakan gigi.

Untuk pengobatan dengan gel lidah buaya, oleskan gel ke area mulut yang sakit dan dipijat lembut.

5. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, senyawa kimia yang bertindak sebagai anestesi alami. Cengkeh juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang dapat membantu melawan infeksi gigi dan gusi.

Rendam bola kapas kecil ke dalam minyak cengkeh, lalu terapkan pada area gigi yang sakit. Penderita sakit gigi juga dapat mengunyah cengkeh kering secara perlahan untuk mengeluarkan minyak dari cengkeh di sekitar area gigi yang sakit selama 30 menit.

6. Kunyit

Ada beberapa cara menggunakan kunyit untuk meredakan sakit gigi. Kita bisa menambahkan sedikit air ke bubuk kunyit agar menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pasta ke area gigi yang terasa sakit sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Cara lain untuk mengonsumsi kunyit adalah melarutkan ramuan dalam susu hangat dan diminum. Susu kunyit juga membantu mengurangi stres.

7. Thyme atau timi

Thyme dikenal efektif mengobati infeksi dada, seperti bronkitis atau batuk rejan. Timol, komponen utama minyak esensial thyme memiliki sifat antiseptik dan antijamur.

Satu tetes minyak esensial thyme dapat ditambahkan ke segelas air sebagai obat kumur. Metode lain adalah menuangkan beberapa tetes minyak esensial thyme dan air ke permukaan bola kapas. Kemudian gunakan bola kapas tersebut untuk menekan gigi yang sakit.

Nah! Itu tadi tujuh obat herbal untuk meredakan nyeri pada gigi. Semoga info ini bermanfaat. [AB]

BACA JUGA  Akupuntur Menghentikan Cegukan Karena Stroke

TERBARU

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan jamu dan tanaman obat. Sayangnya, pemahaman masyarakat tentang jamu masih terbatas pada Pulau Jawa. Setiap...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga dan perlu dipelajari. Berbagai ramuan yang berasal dari alam sekitar digunakan dalam praktek pengobatan tradisional....

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...