Ini Diet Makanan Sehat untuk Golongan Darah B

Golongan darah B dikenal sebagai golongan darah yang paling fleksibel dalam mengonsumsi makanan. Berikut ini tips diet makanan sehat untuk golongan darah B.

Diet golongan darah adalah alternatif metode diet yang dihasilkan melalui penyortiran jenis makanan antara yang boleh dan dilarang berdasarkan golongan darah.

Metode ini muncul karena setiap tubuh memiliki respons yang berbeda terhadap makanan tertentu tergantung dengan golongan darah yang dibawa.

Melansir ET India, ahli diet dari Klinik Mutation Diet di India Deepika Dua Arora mengatakan menerapkan diet golongan darah dapat mendatangkan beragam kebaikan bagi tubuh.

Seperti meningkatkan sistem pencernaan, menambah energi tubuh, dan mencegah timbulnya penyakit, serta membantu menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan ada hubungan antara golongan darah dengan aspek nutrisi pada makanan. Maka dari itu, pengombinasian makanan yang tepat sesuai dengan golongan darah sangat baik untuk mengoptimalkan penurunan berat badan.

Karakter Golongan Darah B

Sebagai golongan darah yang dibawa oleh kelompok pengembara, golongan darah B, memiliki kemampuan adaptasi wilayah dan iklim yang sangat baik.

Kemampuan mereka yang adaptif tercermin dari karakter golongan darah B yang sangat fleksibel dan terbuka dengan pilihan makanan yang disediakan alam.

Hal ini pula ditunjang dengan kemampuan tubuh pemilik golongan darah B yang tidak gampang sakit dan terserang alergi.

Kendati demikian, golongan darah B lemah dalam menyeimbangkan antara konsumsi produk hewan dan tumbuhan dengan takaran yang tepat.

Kebiasaan ini mengantar orang dengan golongan darah B sangat rentan mengidap diabetes dan gangguan imun seperti kelelahan kronis, lupus, dan sklerosis ganda.

Untuk mencegahnya, pemilik golongan darah B dianjurkan untuk mengonsumsi menu makanan bergizi seimbang agar sehat sekaligus memiliki tubuh yang ideal.

Diet Makanan Sehat untuk Golongan Darah B

Mengacu pada ulasan Foods Most Beneficial for Type B Blood tahun 2018, terdapat sejumlah menu makanan yang baik bagi pemilik golongan darah B untuk mengoptimalkan program diet terutama bagi mereka yang akan menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat.

BACA JUGA  Bahaya dan Cara Mengatasi Perut Buncit

1. Beras dan Oat

Nasi merah cocok sebagai menu diet sehat golongan darah B. Guna mencukupi kebutuhan karbohidrat, golongan darah B juga fleksibel dalam mengonsumsi beras dan aneka biji-bijian.

Sumber pangan lain yang bermanfaat untuk diet antara lain nasi merah, sereal, oat, tepung oat, tepung beras, roti beras merah, kue beras, roti Ezekiel atau Essene roti dan produk lainnya yang terbuat dari oat atau tepung beras.

Namun demikian pemilik golongan darah B dianjurkan menghindari gandum, jagung dan produk turunannya karena berpotensi menghambat sistem metabolisme tubuh.

Sementara itu, olahan kedelai, granola, cokelat, dan pasta dianggap sebagai makanan netral yang pemakaiannya masih diperbolehkan meski tidak berdampak signifikan pada untuk menurunkan berat badan.

2. Sayuran

Orang dengan golongan darah B juga harus mengonsumsi aneka jenis sayur per hari. Terutama sayur berwarna hijau diyakini sangat membantu dalam menurunkan berat badan dengan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Sayuran hijau yang sangat baik untuk dikonsumsi seperti brokoli, kubis brussels, kale, sawi-sawian, daun buah bit, dan sawi hijau.

Selain mengonsumsi daunnya, kelompok golongan darah B dapat mengambil manfaat dari ubi, ubi jalar, wortel, kubis merah dan putih, terong, shitake, dan semua jenis paprika termasuk jalapeno.

Semua sayuran tersebut adalah pilihan yang tepat untuk orang bergolongan darah B yang sedang menjalani program diet.

3. Telur dan Produk Susu Rendah Lemak

Telur dan sayuran hijau menjadi menu diet terbaik golongan darah B
Ketika berbicara mengenai produk olahan susu, golongan darah B menjadi salah satu kelompok yang diuntungkan.

Produk olahan susu yang baik untuk dikonsumsi cukup banyak, meliputi yogurt, susu sapi rendah dan tanpa lemak, susu kambing, kefir, serta keju mozzarella, ricotta, cottage, feta, dan keju belanda.

Selian produk susu, golongan darah B juga dapat mengonsumsi aneka makanan yang mengandung telur yang baik untuk menunjang sistem metabolisme tubuh.

Namun Dr. D’Adamo merekomendasikan orang golongan darah B tetap membatasi jumlah konsumsi telur hariannya.

Bagi orang keturunan Afrika atau ras Kaukasoid konsumsi telur tidak lebih lebih dari 3 hingga 4 butir per minggu. Sementara orang Asia dapat mengonsumsi telur lima hingga enam butir per minggu.

BACA JUGA  Apakah Spermisida Berdampak Buruk?

4. Daging dan Ikan

Ikan sarden menjadi sumber protein untuk menu diet golongan darah B
Berdasarkan diet golongan darah Dr Peter D’Adamo, tipe B diturunkan oleh kelompok pengembara atau nomad yang mencari sumber makanan dari perburuan di alam liar.

Kebiasaan ini mendorong mereka untuk mengonsumsi makanan berbasis tinggi protein hewani yaitu kambing, domba, kelinci, rusa. Sedangkan ikan seperti ikan salmon, sarden, kod, halibut, makerel, trout, dan ikan sebelah.

Dengan mengonsumsi daging dalam jumlah yang tepat, dapat meningkatkan metabolisme tubuh terutama bagi golongan darah B.

5. Kacang dan Biji-bijian

Pilihan jenis kacang dan biji-bijian yang baik untuk diet golongan darah B cukup terbatas.

Namun kacang yang paling baik dikonsumsi adalah kacang merah yang bermanfaat membantu menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, serta menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kacang lima atau kacang kratok. Kacang berbiji besar ini bisa mencegah sembelit dan menyehatkan pencernaan.

6. Jus Buah dan Teh

Buah dan sayur seperti pisang campur bayam bisa menjadi pilihan minuman diet sehat golongan darah B
Mengonsumsi teh bukan menjadi hal baru di pola hidup masa kini. Hal serupa juga patut dicoba untuk orang golongan darah B untuk menyukseskan program penurunan berat badan.

Jenis teh yang baik dikonsumsi untuk orang bergolongan darah B antara lain teh hijau maupun teh herbal yang mengandung peppermint, jahe, ginseng, daun sage, buah rosehip (mawar liar) dan daun raspberry.

Tanaman herbal lain yang juga baik dikonsumsi adalah akar manis (licorice) yang efektif untuk menekan lonjakan gula darah.

Minuman lain yang sangat baik untuk golongan darah B terutama bagi yang sedang berfokus menurunkan berat badan adalah jus buah segar atau bisa dimodifikasi menjadi smoothie.

Jenis buah yang dianjurkan antara lain nanas, anggur, pepaya, pisang, dan cranberries. [AB]

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...